Comscore Tracker

Akses WiFi Gratis dari Pemkot, Siswa Cukup Gunakan NISN

Disdik Palembang mulai memasang titik satelit

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang memfasilitasi akses WiFi gratis untuk menunjang Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Rencananya, jaringan internet bakal dipasang di setiap titik 18 kantor kecamatan.

Bila pemasangan satelit telah rampung, para siswa dapat memanfaatkan internet kapan pun dengan memasukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) sebagai password.

"Masih dalam proses dan sudah memasang beberapa titik satelit dengan jangkauannya sekitar 10-15 kilometer," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Palembang, Ahmad Zulinto, Rabu (5/8/2020).

1. Penggunaan WiFi gratis dapat diakses kapanpun

Akses WiFi Gratis dari Pemkot, Siswa Cukup Gunakan NISNIlustrasi WIFI (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Menurutnya, rencana Pemkot memasang akses WiFi gratis merupakan langkah awal mendorong siswa yang belajar daring (dalam jaringan). Pemerintah berharap siswa bisa memanfaatkanya secara maksimal untuk belajar.

"Ini yang terbaik, mereka (siswa) bisa mengakses di mana saja, dengan menggunakan password NISN masing-masing. Mulai dari PAUD hingga SMP," kata dia.

Baca Juga: Wako Palembang Sediakan WiFi Gratis di 18 Kantor Camat Dukung PJJ

2. Pembangunan jaringan WiFi bekerja sama dengan PT Sudasa

Akses WiFi Gratis dari Pemkot, Siswa Cukup Gunakan NISNIlustrasi belajar online di Palembang (IDN Times/Dokumen)

Zulinto menerangkan, pembangunan satelit jaringan yang tengah dalam proses tersebut melibatkan PT Sudasa, dalam program akses internet gratis untuk seluruh pelajar SD dan SMP se-Palembang.

"Semoga dapat membantu mereka yang terhambat jaringan," terang dia.

3. Rencanakan pemberian fasilitas alat belajar di sekolah tertentu

Akses WiFi Gratis dari Pemkot, Siswa Cukup Gunakan NISNPelajar di Kelurahan Jati Rahayu manfaatkan wifi gratis untuk belajar online di aula kelurahan Jati Rahayu, Pondok Gede, Bekasi (IDN Times/Dini suciatiningrum)

Dalam sistem pembelajaran, sambung Zulinto, Disdik Palembang juga berencana memfasilitasi handphone atau tablet bagi siswa yang tidak mampu. Rencananya, satu anak bakal mendapat satu tablet.

"Nanti kita usahakan, paling penting internetnya harus berjalan dulu. Nanti ada center project sekolah mana yang akan diberikan, dan dipastikan mereka menerima hak siswa," sambungnya.

4. Pembangunan WiFi gratis tersebar di 51 titik

Akses WiFi Gratis dari Pemkot, Siswa Cukup Gunakan NISNIlustrasi perangkat (IDN Times/Paulus Risang)

Zulinto melanjutkan, pihaknya bakal memfasilitasi akses WiFi di 51 titik jaringan yang berpusat di Disdik. Harapannya, seluruh siswa lebih mudah menjangkau.

"Pembangunan sesegera mungkin dilakukan PT Sudasa dalam bulan ini," kata dia.

5. Sekolah di Palembang sambut baik program WiFi gratis

Akses WiFi Gratis dari Pemkot, Siswa Cukup Gunakan NISNBelajar online. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Menanggapi program internet gratis dari Pemkot, Kepala SD Negeri 33 Palembang, Hartiningsih, mengapresiasi usaha Disdik untuk memperlancar dan mempermudah siswa melaksanakan PJJ di masa pandemik COVID-19

"Semoga adanya akses internet bisa membantu sistem belajar dengan lebih maksimal," tandas dia.

Baca Juga: Curhat Kepsek Filial Palembang, Pilih Belajar Tatap Muka Demi Siswa

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya