Ada 71 Event, tapi Dispar Palembang Pesimistis Kunjungan Wisman 2021 Naik

Event banyak kok pesimistis ya? 

Palembang, IDN Times - Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Palembang pesimistis kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bumi Sriwijaya tahun 2021 bisa naik. Pasalnya, selain wilayah masih dalam situasi pandemik COVID-19. Faktor status zona merah atau tingkat risiko penyebaran virus corona pun turut memicu turunnya angka kedatangan wisman.

"Tahun ini kami tidak mengharapkan atau tidak berangan-angan tinggi dengan wisatawan mancanegara. Kondisi cuaca dan situasi juga jadi pengaruh. Paling optimis kita berharap ke yang staycation wisatawan lokal. Kalau pun ada (wisman) bisa banyak, Alhamdulillah," ujar Kepala Dispar Palembang, Isnaini Madani, Kamis (4/2/2021).

1. Berharap gaet wisatawan dari Banten

Ada 71 Event, tapi Dispar Palembang Pesimistis Kunjungan Wisman 2021 NaikSituasi aktivitas warga Palembang di pinggiran Sungai Musi bawah Jembatan Ampera (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Meski potensi wisatawan mancanegara bisa saja bertambah tahun ini dibandingkan 2020 lalu karena akses jalan sudah dibuka, yakni jalan tol telah diresmikan.

Namun tetap saja, Palembang masih menjadi kota singgah dan bukan tujuan utama wisatawan hadir. Kecuali Kota Palembang menghadirkan even pariwisata nasional dan booming.

"Sumsel ini harapan besar wisatawan lokal. Ya memang kita memiliki jalan tol ke Lampung dari Palembang atau sudah bisa ke Bengkulu, Jambi yang membuka pintu wisatawan dari Jawa. Tetapi persantaseya sedikit, minimal ada dari Banten lancar (wisatawan) asal jalan tol lancar," katanya.

Baca Juga: Positivity Rate COVID-19 Sumsel Naik 27,6 Persen, Penularan Kasus Masif

2. Dispar Palembang rancang 71 kalender even

Ada 71 Event, tapi Dispar Palembang Pesimistis Kunjungan Wisman 2021 NaikKawasan Benteng Kuto Besak di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Isnaini menyebut, walau Pemerintah Kota (Pemkot) pesimistis dengan kedatangan wisatawan di luar Sumsel, pihaknya tetap berupaya menggenjot kegiatan wisata. Caranya, melalui program kalender even 2021 yang telah dikoordinasikan bersama jajaran forkompimda dan OPD lain.

"Tahun ini kita ada 71 kalender event, walaupun semua event ini tidak kita up semua, tapi ada even highlight, istilahnya acara yang masuk top ten. Seperti kegiatan rutin perahu bidar dan pemilihan bujang gadis Palembang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," jelas dia.

3. Target kunjungan wisatawan 2,1 juta orang

Ada 71 Event, tapi Dispar Palembang Pesimistis Kunjungan Wisman 2021 NaikKepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Palembang Isnaini Madani (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Dinas Pariwisata Palembang menarget sepanjang tahun 2021, kehadiran wisatawan bisa menembus 2,1 juta orang. Paling tidak jika tidak mencapai target, mininal pencapaian terendah sebanyak 800 ribu orang masuk Palembang dan menetap atau menginap di sejumlah hotel yang ada.

"Target ini juga untuk membuat pelaku seni kita supaya tidak tidur panjang lagi dan mereka kembali aktif berkreasi. Mereka bisa terus berkarya dan perform. Intinya target kita menyesuaikan perkembangan pandemi dengan data yang fluktuatif, sebab ini memengaruhi tngkat kunjungan wistawan," tandas dia.

Baca Juga: Ini Dampak Negatif Sekolah Daring Bagi Siswa Versi Psikolog Palembang

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya