6 Kloter Palembang Sudah Diberangkatkan, 2.121 CJH Berada di Makkah

Keberangkatan enam orang CJH ditunda karena sakit

Palembang, IDN Times - Sebanyak 2.121 orang Calon Jemaah Haji (CJH) embarkasi Palembang sudah berada di Tanah Suci, Makkah, Jumat (2/6/2023). Seluruh CJH itu dari enam kelompok terbang (kloter) yang berangkat melalui Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

"Enam kloter ini berjumlah 2.121 CJH di luar dari 30 petugas kloter yang ikut terbang," ujar Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sumsel, Armet Dachil melalui siaran pers yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Janji Berangkatkan Haji Tahun Ini, Puluhan Warga Tertipu Agen Travel

1. Keberangkatan CJH kloter 3 dan 5 tertunda

6 Kloter Palembang Sudah Diberangkatkan, 2.121 CJH Berada di MakkahIlustrasi Jemaah Haji 2023 Kloter (IDN Times/Sunariyah)

Dari total keberangkatan ribuan CJH tersebut, enam orang jemaah masih tertunda menuju Arab Saudi karena sakit dan kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan. Keenam jemaah itu yakni Mursidah (91) dan Sumiatun (92) asal OKU Timur dari kloter 3.

Kemudian dari kloter 5 bernama Aisyah Mat Piah (68) asal Ogan Ilir, Mascik Baharudin Dayat (72) dari Empat Lawang, serta Nursinah Ahmad Safar (70) dan Wiwik Sawiya (48) dari Palembang.

"Tiga nama terakhir berasal dari kloter 6. Jemaah kloter 6 yang berangkat berjumlah 359 termasuk lima petugas. Tiga jemaah yang ditunda digantikan dua jemaah dari kloter 2 dan kloter 4 yang ikut bergabung, yakni Kartila Endarti dan Hotma Harahap," kata Armet.

Baca Juga: Sumsel Terima 296 Kuota Haji Tambahan, CJH Diminta Proaktif

2. Dua CJH yang sakit sudah terbang ke Arab Saudi

6 Kloter Palembang Sudah Diberangkatkan, 2.121 CJH Berada di MakkahIlustrasi Jemaah Haji 2023 (IDN Times/Sunariyah)

Sebelumnya, CJH atas nama Kartila Endarti dan Hotma Harahap sempat dirawat di Rumah Sakit Siti Fatimah. Namun setelah kondisi kesehatan yang membaik, keduanya kembali dibawa ke Asrama Haji dan dinyatakan laik terbang.

"Jaga kesehatan penting, baik sebelum dan sesudah berangkat maupun saat perjalanan menuju Arab Saudi," timpalnya.

3. Suhu di Arab Saudi mencapai 51 derajat celsius

6 Kloter Palembang Sudah Diberangkatkan, 2.121 CJH Berada di MakkahIlustrasi jemaah haji (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Armet mengimbau para jemaah untuk fokus beribadah dan tidak perlu mengurus ibadah orang lain. Apalagi cuaca di Arab Saudi sedang dalam kondisi kurang baik. Info terakhir suhu di Arab Saudi mencapai 51 derajat celsius.

"Jaga kesehatan, perbanyak minum air putih dan selalu memakai pelindung kepala maupun alas kaki saat keluar hotel," kata dia.

Baca Juga: 1 CJH Embarkasi Palembang Asal Prabumulih Batal Berangkat

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya