17 Ribu Kendaraan Bakal Melintas di Tol Kapalbetung Saat Arus Balik

Puncak arus balik diprediksi terjadi 8 Mei 2022

Ogan Ilir, IDN Times - Pengelola Jalan Tol Kayuagung - Palembang - Betung (Kapalbetung) memprediksi ribuan kendaraan pemudik bakal memadati ruas jalan tol trans Sumatra selama arus balik lebaran 1443 Hijriah.

"Puncaknya besok (Minggu) arus balik. Perkiraan kendaraan yang melintas dari awal arus balik di Tol Kapalbetung, Sumsel bisa mencapai 17 ribu kendaraaan," ujar Manajer Trafik PT Waskita Sriwijaya Tol, Dian Indra, Sabtu (7/5/2022).

Baca Juga: Arus Mudik di Tol Keramasan Diprediksi Naik 7 Ribu Kendaraan Per Hari

1. Kepadatan di gerbang tol mulai terjadi sejak 6 Mei 2022

17 Ribu Kendaraan Bakal Melintas di Tol Kapalbetung Saat Arus BalikIlustrasi arus mudik di jalan tol. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Prediksi ribuan kendaraan melintas di Tol Kapalbetung seiring perkiraan peningkatan volume kendaraan di gerbang tol Kramasan. Kondisi itu menyusul banyak kendaraan melintas masuk dari arah Palembang.

"Ataupun yang keluar dari Lampung. Karena kepadatan di gerbang tol telah terjadi sejak Jumat (6/5)," kata dia.

2. Prediksi minimal pemudik melintas di tol saat puncak arus mudik diangka 15 ribu kendaraan

17 Ribu Kendaraan Bakal Melintas di Tol Kapalbetung Saat Arus BalikIlustrasi Infrastruktur Jalan Kota (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara berdasarkan data terakhir pada 7 Mei 2022 pukul 06:00 WIB, pihaknya mencatat sudah  2.280 kendaraan melintas ditambah pada beberapa hari sebelumnya, angka harian pemudi melintas sekitar 8 ribuan kendaran.

"Hari Sabtu-Minggu ini puncaknya, dan diperkirakan sekitar 15 ribu atau maksimalnya mencapai 17 ribu lebih kendaraan," timpal dia.

3. Pengelola tol tambah 5 gardu pengisian saldo e-tol

17 Ribu Kendaraan Bakal Melintas di Tol Kapalbetung Saat Arus BalikIlustrasi jalan Tol (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Mengantisipasi kepadatan di gerbang tol, pengelola jalan tol sudah menambah lima gardu satelit dan mengerahkan dua petugas yang akan menjemput bola bila pemudik membutuhkan pengisian ulang saldo E-tol.

"Kami harap pemudik tetap menjaga kebersihan, jangan buang sampah sebarangan, taati rambu lalu lintas dan berhati-hati. Kalau ngantuk bisa istirahat di rest area fungsional di KM 360 B ruas Jakabaring ataupun KM 311 A dari arah sebaliknya," jelasnya.

4. Aparat gabungan disiagakan di Gerbang Tol Kramasan

17 Ribu Kendaraan Bakal Melintas di Tol Kapalbetung Saat Arus BalikIlustrasi Posko Mudik Siaga 24 Jam (Dok. Pribadi)

Kasatlantas Polres Ogan Ilir (OI) AKP Putu Eka Dhenda Jayanti menambahkan, total ada 18 aparat gabungan telah disiagakan untuk menjaga lalu lintas pemudik tetap lancar terkendali di posko pengamanan Gerbang Tol Kramasan.

"Ini jadi upaya lainnya yang bakal dilakukan untuk menjamin kelancaran dan keamanan pemudik yang melintas di sini," tandas dia.

Baca Juga: Palembang Kantongi Izin Pembangunan Insinerator Sampah di Keramasan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya