Comscore Tracker

Pipa Pertamina di Jambi Bocor, Halaman Rumah Warga Ditumpahi Minyak  

Pemilik rumah sempat mendengar suara ledakan

Jambi, IDN Times - Pipa minyak Pertamina EP 1 Jambi bocor di RT 01 Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi, Senin (22/11/2021) pukul 09.00 WIB. Akibatnya, minyak mentah yang keluar dari pipa menyebar ke halaman rumah warga.

Wahid Nurahman (81 tahun), warga setempat mengatakan, dirinya melapor ke pihak Pertamina setelah mengetahui ada pipa bocor di rumah.

"Saat itu terdengar suara meledak. Saya kira ada mobil tabrakan. Setelah saya lihat ternyata suara pipa minyak bocor," katanya kepada awak media.

1. Halaman rumah warga dipenuhi minyak mentah

Pipa Pertamina di Jambi Bocor, Halaman Rumah Warga Ditumpahi Minyak  Petugas dari Pertamina EP 1 Jambi membersihkan minyak mentah yang mengalir ke rumah warga (IDN Times)

Wahid menceritakan, halaman rumahnya penuh dengan minyak mentah. Ia merasakan dampak dari kebocoran pipa minyak Pertamina. Tanaman di halaman rumahnya rusak, selain itu kondiri rumahnya menjadi kotor.

"Minyak muncrat ke atas. Perkiraan saya tingginya 4 meter. Kami berharap Pertamina selanjutnya lebih waspada lagi, sehingga tidak ada kebocoran pipa. Kami harap agar pipa minyak ditanam di dalam tanah, bukan seperti ini," jelasnya.

Baca Juga: Heboh Warga OKU Selatan Temukan Bongkahan Emas di Aliran Sungai

2. Pertamina kehilangan satu barel minyak

Pipa Pertamina di Jambi Bocor, Halaman Rumah Warga Ditumpahi Minyak  Warga merasa dirugikan dengan genangan minyak mentah yang mengotori rumah mereka. (IDN Times)

Budi Santoso, Operator Pertamina EP 1 Kenali Asam mengatakan, pihaknya sedang mengganti pipa minyak yang bocor. Menurut Budi, Pertamina mengalami kerugian 1 barel atau sekitar 180 liter minyak mentah.

"Kita lihat hanya satu titik saja untuk kebocoran pipa minyak. Kita lakukan penutupan terlebih dahulu, nantinya minyak ini diganti pipa. Sementara kita alihkan untuk mengalirkan minyak agar tidak terhenti," jelasnya.

Baca Juga: Sebulan Ledakan Sumur Minyak Ilegal di Muba, Api Masih Membara

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya