Comscore Tracker

Uji Coba Hari Pertama Beli BBM Subsidi, Sistem IT MyPertamina Error

Masih tahap pendataan dan pendaftaran

Padang, IDN Times - PT Pertamina Patra Niaga resmi memberlakukan sistem pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk jenis pertalite dan Solar menggunakan aplikasi MyPertamina di Sumatra Barat, Jumat 1 Juli 2022. 
 
SPBU 14.261.530 Kota Bukittinggi, SPBU 14.264.566 Kabupaten Agam, SPBU 14.271.536 Kota Padang Panjang, dan SPBU 14.272.5102 di Kabupaten Tanah Datar, merupakan empat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak (SPBU) yang menjadi lokasi uji coba tersebut.
 
Pantauan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak (SPBU) 14.271.536 Kota Padang Panjang, sejumlah pemilik kendaraan sudah mulai mendatangai gerai atau posko pendaftaran untuk mendapatkan kode QR yang akan diterima melalui e-mail atau notifikasi di situs subsiditepat.mypertamina.id.
 
Namun, mereka terpaksa balik kanan lantaran sistem IT pendaftaran pada aplikasi ataupun melalui website eror lantaran terlalu banyak yang mengakses.

1. Tidak bisa mendaftar

Uji Coba Hari Pertama Beli BBM Subsidi, Sistem IT MyPertamina ErrorPendaftaran MyPertamina. IDN Times/Andri NH

“Websitenya eror. Tidak bisa mendaftar,”kata seorang pengendara angkot, Amrizal, Sabtu (2/7/2022).
 
Amrizal menjelaskan, dirinya ikut mendaftar karena tidak ingin proses pengisian bahan bakar minyak ke depannya, menjadi sulit lantaran sudah keluar kebijakan tersebut. Apalagi, dirinya menerima informasi jika kendaraan wajib memiliki kode QR untuk pengisian BBM.

2. Tahap uji coba

Uji Coba Hari Pertama Beli BBM Subsidi, Sistem IT MyPertamina ErrorPendaftaran MyPertamina. IDN Times/Andri NH

Section Head Communication dan Relation PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Agustiawan mengakui jika proses pendataan dan pendaftaran pada hari pertama kemarin, masih terjadi beberapa kendala.
 
Salah satunya, sistem IT yang masih eror. Meski demikian, ia berharap tidak menyurutkan antusias masyarakat yang melakukan pendaftaran.
 
"Yang error ini karena memang kita masih uji coba. Akan kita evaluasi tentunya. Kita akan lihat kekurangannya dimana," ujarnya.

3. QR Code

Uji Coba Hari Pertama Beli BBM Subsidi, Sistem IT MyPertamina ErrorKonsumen melakukan transaksi nontunai menggunakan MyPertamina saat mengisi BBM di SPBU. (IDN Times/Istimewa).

Dijelaskan Agustiawan, usai melakukan pendaftaran, maka untuk QR Code akan keluar sekitar 7 hari. Artinya, aturan membeli Pertalite dan Bio Solar pakai MyPertamina itu akan berlaku bila QR Code sudah keluar dan terpasang di mobil pengendara.

Baca Juga: Cara Daftar dan Mendapat QR Code BBM Bersubsidi di Situs MyPertamina

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya