Pelajar Sumbar Sempat Minta Tolong Sebelum Kehilangan Nyawa di Jepang

Korban sempat telepon dan minta tolong sebelum dibunuh

Padang, IDN Times - Joshi Putri Cahyani (23 tahun) seorang pelajar asal Korong Lancang, Nagari Aur Malintang Selatan, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar) yang ditemukan tewas di Jepang, ternyata sempat meminta tolong kepada rekannya satu kamar.

Dasmawati (40 tahun), ibu kandung Joshi mengungkap dalam percakapan singkat antara putrinya dan rekan sekamar. Korban sempat meminta tolong karena merasa di bawah tekanan dan ancaman. Namun sambungan telepon terputus dan temannya tak bisa menjemput Joshi lantaran sudah larut malam.

"Joshi mulai hilang kontak tidak bisa dihubungi pada Kamis (tepat di HUT ke-78 RI). Namun sehari setelah itu, ia sempat menghubungi teman satu kamarnya," kata Dasmawati, Sabtu (26/8/2023).

Baca Juga: Curhat Ibu Joshi Pelajar Asal Sumbar yang Tewas Dibunuh di Jepang

Baca Juga: Pelajar Sumbar Tewas di Jepang Akan Dimakamkan ke Kampung Halaman

1. Ponsel Joshi sempat aktif 15 menit

Pelajar Sumbar Sempat Minta Tolong Sebelum Kehilangan Nyawa di JepangDok. Pribadi

Damawati menambahkan, ponsel Joshi malam itu sempat aktif selama sekitar 15 menit. Pada saat itulah Joshi menghubungi rekan sekamarnya untuk minta bantuan karena dalam ancaman.

"Joshi bilang, 'tolong jemput, lokasi di sini'. Tapi temannya tidak mampu menolong karena sudah malam. Kemudian terputus sambungan telepon," ujar Dasmawati.

Baca Juga: Keluarga Pelajar Indonesia yang Tewas di Jepang Tak Tinggal di Sumbar 

2. Bantah punya hubungan asmara dengan terduga pelaku

Pelajar Sumbar Sempat Minta Tolong Sebelum Kehilangan Nyawa di JepangJoshi Putri Cahyani dan Keiichiro Kajimura. Doc IDN Times

Dasmawati membantah jika anaknya memiliki hubungan asrama dengan terduga pelaku Keiichiro Kajimura. Keiichiro sudah ditangkap kepolisian setempat atas tewasnya Joshi.

Menurut Dasmawati, anaknya merupakan korban penculikan. Terkait dengan foto-foto keduanya yang diunggah Keiichiro Kajimura di media sosial sengaja dilakukan. Swafoto itu dituruti Joshi lantaran di bawah ancaman.

"Bukan menjalani asrama dengan laki-laki itu. Foto yang di-up laki-laki itu ketika Joshi tidak pulang sejak Kamis. Joshi di bawah ancaman laki-laki itu," tutup Dasmawati.

3. Rekam jejak terduga pelaku

Pelajar Sumbar Sempat Minta Tolong Sebelum Kehilangan Nyawa di JepangJoshi Putri Cahyani dan Keiichiro Kajimura. Doc IDN Times

Diketahui, kabar kematian Joshi Putri Cahayani disampaikan sahabatnya Rosalia Bratanegara melalui unggahan di akun Facebook Indonesian Community in Japan (ICJ) pada Selasa (23/8/2023). Menurut Rosalia, korban ditemukan meninggal di daerah Gunma, Maebashi pada hari itu.

Dari unggahan di laman ICJ, Rosalia Bratanegara mengungkap jika terduga pelaku pembunuhan Joshi Putri Cahyani pernah memiliki catatan kriminal kasus pembunuhan pada 2017. Sebelum menghilang, Joshi dikabarkan sedang bersama pelaku yang merupakan warga negara Jepang.

Baca Juga: Pelajar Padang Pariaman Jadi Korban Pembunuhan di Jepang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya