Comscore Tracker

Makassar Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Apeksi XVI 2023 

Rakernas Apeksi ke-XV di Padang resmi ditutup Mendagri

Padang, IDN Times - Meski Kota Surakarta atau Solo termasuk kandidat kuat, namun Rapat Kerja Nasional ke-XV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) menetapkan secara aklamasi Kota Makassar menjadi tuan rumah Rakernas ke-XVI 2023 mendatang. 

“Makassar belum pernah menjadi tuan rumah Apeksi. Makassar adalah centre point  Indonesia. Posisi Makassar berada di tengah-tengah, jadi tidak susah kalau kita mau konsolidasi,” kata Wali Kota (Wako) Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, Selasa (9/8/2022).

Baca Juga: Rakernas Apeksi di Padang Bahas Rencana Penghapusan Honorer

1. Rakernas Apeksi tahun depan dibuat berbeda

Makassar Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Apeksi XVI 2023 Pembukaan Rakernas Apeksi XV di Padang, Sumatra Barat. IDN Times/Andri NH

Danny melanjutkan, pihaknya bakal menyuguhkan sesuatu yang berbeda pada Apeksi 2023. Bahkan jika memungkinkan, akan digelar kegiatan global partner yang mengundang seluruh mitra dari luar negeri. Danny meyakini Rakernas Apeksi 2023 bakal lebih menarik dan penuh kejutan. 

“Kita selalu ada kejutan. Kami biasa membuat event internasional. Jadi akan banyak hal baru nantinya,” ujar Danny.

Baca Juga: Putaran Uang di Padang Saat Rakernas Apeksi Diprediksi Rp 20 Miliar 

2. F8 bukti Makassar sukses selenggarakan event besar

Makassar Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Apeksi XVI 2023 ANTARA FOTO/Arnas Padda

Danny mencontohkan, Makassar Internasional Eight Festival and Forum (MIEFF) atau populer disebut Festival F8, menjadi salah satu bukti kesuksesan Makassar menggelar event berskala besar.

Meski sempat terhenti karena pagebluk Coronavirus Disease 2019, namun Danny memastikan F8 tahun ini kembali diselenggarakan dengan mengusung tema Artificial Intelligence.

Artificial Intelligence. Ada metaverse nanti. Semuanya masuk. Ada food, fashion, flower, film, fiction writer, fussion jazz, folk, dan fine art. Untuk Rakernas nanti pasti ada kejutan. Kita selalu ada kejutan. Akan kita buat berbeda ya,” kata Danny.

3. Rakernas XV Ditutup Mendagri

Makassar Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Apeksi XVI 2023 Mendagri Tito Karnavian. IDN Times/Andri NH

Rakernas ke-XV Apeksi yang diselenggarakan di Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), Selasa (9/8/2022), resmi ditutup oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Banyak hal yang disampaikan oleh Tito kepada Wali Kota, salah satunya perkembangan kasus COVID-19.

Sebelum ditutup Tito, Ketua Dewan Apeksi Bima Arya dalam pidato sambutannya menyampaikan, para Wako merupakan bagian dari pemerintah pusat yang siap mengikuti arahan. Meski demikian, tentu saja para Wako tidak ingin sekadar menjadi instrumen sosialisasi, tapi referensi ketika pemerintah mengeluarkan kebijakan.

Baca Juga: Mendag Zulhas Minta Wali Kota Anggota Apeksi Jaga Stabilitas Politik

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya