Comscore Tracker

Mantab, Transaksi UMKM Palembang di Tokopedia Naik 3 Kali Lipat

Kategori fesyen anak tertinggi selama 2021

Palembang, IDN Times - Platform Tokopedia mencatat transaksi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal di beberapa kota di Indonesia, mengalami peningkatan selama 2021 pada kategori fesyen, rumah tangga, dan kesehatan, dengan angka transaksi hingga tiga kali lipat.

"Palembang, Denpasar, dan Makassar, menjadi daerah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual selama 2021 dibandingkan 2020," ujar Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho, melalui siaran pers yang diterima IDN Times, Senin (17/1/2022).

1. Omzet Pempek Cek Dung naik setelah mengikuti pelatihan Tokopedia

Mantab, Transaksi UMKM Palembang di Tokopedia Naik 3 Kali LipatTransaksi di Tokopedia (Dok. Tokopedia)

Khusus di Palembang, kategori yang mengalami peningkatan transaksi tertinggi sepanjang 2021 yakni kategori Ibu dan Anak, Fesyen Anak, Rumah Tangga, Kesehatan serta Perawatan Diri. Bahkan terjadi lonjakan pada transaksi rata-rata UMKM Palembang.

"Dari pelatihan di Tokopedia, UMKM Pempek Cek Dung di Palembang mengalami peningkatan omzet puluhan juta," kata dia.

Baca Juga: UMKM Songket Palembang Manfaatkan Tokopedia Raup Omzet Puluhan Juta

2. UMKM lokal diharapkan bisa memaksimalkan penjualan meski pandemik

Mantab, Transaksi UMKM Palembang di Tokopedia Naik 3 Kali LipatAplikasi Tokopedia. (dok. Tokopedia)

Menurut Trian, Tokopedia sebagai lokapasar berupaya mendorong transaksi UMKM di setiap daerah untuk meningkatkan antusias masyarakat secara lokal maupun nasional, khususnya dalam pemanfaatan transaksi digital.

"Selama memanfaatkan Tokopedia di tengah pandemik, harapan ke depan semua UMKM dapat terbantu memaksimalkan penjualan," timpalnya.

3. Program WIB merupakan transaksi inisiatif hyperlocal Tokopedia

Mantab, Transaksi UMKM Palembang di Tokopedia Naik 3 Kali LipatTransaksi UMKM di Palembang Naik 3 Kali Lipat Lewat Tokopedia (IDN Times/Dokumen Tokopedia)

Berbagai temuan menarik dari transaksi UMKM lokal didukung oleh sederet inisiatif Hyperlocal Tokopedia sejak 2021, tujuannya mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat sehingga UMKM daerah memiliki kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

"Contoh program turunan inisiatif Hyperlocal termasuk Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Bangga Buatan Indonesia, dan masih banyak lainnya," jelas dia.

Baca Juga: Tokopedia Bantu UMKM Naik Kelas Lewat Akselerasi Digital 

4. Tokopedia menarget kolaborasi bersama mitra UMKM lebih gencar

Mantab, Transaksi UMKM Palembang di Tokopedia Naik 3 Kali LipatTokopedia Bantu UMKM Naik Kelas Lewat Akselerasi Digital (IDN Times/Dokumen Tokopedia)

Trian melanjutkan, program Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dengan memanfaatkan teknologi geo-tagging, memudahkan masyarakat memperoleh beragam produk UMKM lokal mulai dari kebutuhan rumah tangga, fesyen, kecantikan, makanan, minuman, dan lainnya.

“Ke depan, kami akan terus gencar berkolaborasi dengan mitra strategis agar UMKM lokal konsisten menemukan momen di tengah pandemik untuk menjadi raja di negeri sendiri,” tandasnya.

Baca Juga: Inisiatif Hyperlocal, Cara Tokopedia Dorong UMKM Palembang Go Digital

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya