Penyandang Disabilitas dan Lansia di Muba Akan Terima Basic Income

Akan diberikan berkala dan diterapkan tahun depan

Musi Banyuasin, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba) mematangkan strategi pemberian basic income atau pemasukan dasar kepada masyarakat. 

Basic income merupakan konsep di mana pemerintah memberi uang untuk setiap warga negaranya tanpa syarat secara periode. Pemerintah bisa memberikan kesejahteraan sosial kepada setiap warga.

1. Tidak hanya terfokus pada fakir miskin saja

Penyandang Disabilitas dan Lansia di Muba Akan Terima Basic IncomeAntara Foto

Plt Bupati Muba, Beni Hernedi, berharap rencana tersebut bisa teralisasi dan bisa diberikan tepat sasaran bagi warga Muba.

"Kita ingin pemberian uang secara berkala sangat bermanfaat untuk warga dan bisa membantu perekonomian mereka," ujarnya saat menggelar 'Diskusi Strategi Pemberian Basic Income untuk Masyarakat Muba di Kantor Perwakilan Muba Palembang, Rabu (13/4/2022). 

Menurut Beni, basic income bagi warga Muba tidak hanya diprioritaskan kepada fakir miskin saja. Tetapi kepada setiap warga negara Indonesia yang berhak mendapatkan kesejahteraan sosial. 

"Ini akan menjadi konsen utama ke depan, agar kita tidak salah dalam mengplementasikannya nanti," terangnya.

Baca Juga: Ini Bukti Pengentasan Kemiskinan di Palembang Tak Berjalan

2. Muba daerah pertama terapkan basic income untuk lansia dan disabilitas

Penyandang Disabilitas dan Lansia di Muba Akan Terima Basic IncomeIlustrasi petugas Kantor Pos memotret warga untuk data bukti penerima bantuan sosial tunai (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Narasumber dalam kegiatan 'Diskusi Strategi Pemberian Basic Income untuk Masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin', Sonny Mumbunan, menerangkan jika basic income adalah pembayaran tunai berkala untuk setiap orang tanpa syarat. 

"Kemudian untuk aspek penentu basic income yakni di antaranya berkala, tunai, individual, dan universal," ungkapnya. 

Sonny menjelaskan, daerah yang mengimplementasikan basic income di antaranya Yogyakarta, Muba, dan Aceh, dan Papua. Muba akan menjadi daerah pertama di Indonesia yang menerapkan basic income dengan melibatkan lansia dan difabel. 

"Untuk basic income di Muba mungkin bisa diterapkan melalui kategorikal, partial basic income, randomisasi, dan narasi basic," jelasnya. 

Ia mencatat, Muba memiliki 51.399 penyandang disabilitas. Ia menilai, sangat tepat sasaran jika basic income ini diperuntukkan bagi penyandang disabilitas yang ada di sana.

Baca Juga: Ekonomi Palembang Tumbuh 3,17 Persen, tapi Warga Miskin Naik 8 Ribu Jiwa

3. Basic income akan diterapkan pada 2023 mendatang

Penyandang Disabilitas dan Lansia di Muba Akan Terima Basic Incomesehatcenter.com

Plt Kepala Bappeda Muba, Iskandar Syahrianto menilai, strategi basic income rencananya akan diterapkan di Kabupaten Muba pada 2023 mendatang. 

"Implementasi ini juga merupakan rangkaian untuk menekan serta mengatasi angka kemiskinan di Kabupaten Muba," tegasnya.

Baca Juga: Sumsel Jadi Provinsi Termiskin Ke-3 di Pulau Sumatra

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya