Bus AKAP Tabrak Trailer di Jalintim, Sopir Truk Tewas di TKP

Belasan penumpang bus terluka dan dirujuk ke RS

Musi Banyuasin, IDN Times - Kecelakaan maut kembali terjadi di ruas Jalur Lintas Timur (Jalintim) Palembang-Jambi, tepatnya di Desa Tanjung Kerang, Kecamatan Babat Supat, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Senin (8/5/2023).

Kecelakaan maut pada pukul 19.30 WIB melibatkan bus AKAP asal Aceh dengan truk trailer. Menurut informasi, sopir trailer meninggal dunia di lokasi kejadian. Sedangkan 16 penumpang bus yang terluka langsung dilarikan ke Puskesmas Tanjung Kerang.

Baca Juga: Ambulans Terbang Hantam Tiang, Pasien Lansia Meninggal Dunia

1. Kecelakaan terjadi usai Fuso menikung bus

Bus AKAP Tabrak Trailer di Jalintim, Sopir Truk Tewas di TKP(Kecelakaan bus AKAP vs trailer di Jalintim Palembang-Jambi) IDN Times/Istimewa

Kasatlantas Polres Muba, AKP Riky Mozam saat dikonfirmasi, membenarkan kecelakaan di Jalintim tersebut. Usai insiden kecelakaan, kemacetan kendaraan cukup panjang terjadi di ruas jalan tersebut 

"Dari keterangan saksi di lapangan, sebelum kecelakaan kendaraan Fuso jenis Trailer plat B 9152 PEJ dari Palembang ke arah Jambi. Namun ketika di TKP Fuso menikung kena bagian samping kanan bus dengan plat PM TOH BG 7000 NL," ujarnya.

Baca Juga: Sopir Truk yang Lindas Warga di Kalidoni Akhirnya Ditangkap

2. Kecelakaan membuat kemacetan dan pengalihan arus

Bus AKAP Tabrak Trailer di Jalintim, Sopir Truk Tewas di TKP(Sat Lantas Polres Muba saat mengatur lalu lintas usai kecelakaan di Jalintim) IDN Times/Istimewa

Kasat menambahkan, proses evakuasi terpaksa dilakukan memakai alat berat. Sebab Fuso bermuatan besi, sedangkan untuk arus lalu lintas selama proses evakuasi dilakukan sistem buka tutup.

"Kita mengimbau kepada pengendara di Jalintim Palembang-Jambi untuk melewati jalur alternatif, karena ada pengalihan arus lalu lintas sehubungan adanya kecelakaan tersebut. Bagi yang mengarah ke Palembang ataupun sebaliknya dapat melalui jalur alternatif lintas tengah Sekayu-Betung, Desa Bonot Kecamatan Lais," jelasnya.

3. Korban tewas dan luka dievakuasi ke Puskesmas Tanjung Kerang

Bus AKAP Tabrak Trailer di Jalintim, Sopir Truk Tewas di TKP(Sat Lantas Polres Muba saat mengatur lalu lintas usai kecelakaan di Jalintim) IDN Times/Istimewa

Seorang tim medis Puskesmas Tanjung Kerang, dr Mulyadi, memberi keterangan mengenai korban lakalantas yang meninggal dan memerlukan perawatan.

“Jenazah sopir truk sudah dievakuasi ke Puskesmas Betung, sedangkan empat dari 12 penumpang bus terpaksa dirujuk karena kondisinya luka dan perlu penanganan lebih lanjut," ungkapnya.

Baca Juga: Kepsek di Musi Rawas Tewas Ditabrak Mobil Milik Anggota Polisi

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya