2 Pasar di Muba Bakal Diubah Jadi Pusat Grosir Antar Kabupaten

Pj Bupati melobi Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga

Musi Banyuasin, IDN Times - Pemerintah kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumsel, berencana merevitalisasi dua pasar tradisional di Kecamatan Sekayu menjadi pusat grosir perdagangan antar kabupaten.

Pj Bupati Muba, Apriyadi, menemui langsung Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga, untuk membahas rencana Pemkab Muba menggarap revitalisasi kedua pasar tersebut.

Baca Juga: Gubernur Sumsel Cabut Kontrak Proyek Mangkrak di Pasar Cinde

1. Bangkitkan perenomian daerah pasca pandemik

2 Pasar di Muba Bakal Diubah Jadi Pusat Grosir Antar Kabupaten(Pasar Randik Sekayu yang akan direvitalisasi menjadi pusat grosir pasar tradisional modern) IDN Times/Yuliani

Rencananya, dua pasar yang difokuskan dalam revitalisasi ini yakni Pasar Perjuangan menjadi pusat perbelanjaan modern, dan Pasar Randik menjadi pasar tradisional modern sekaligus pusat grosir perdagangan kabupaten. 

"Persepsi pemerintah pusat dengan Pemkab Muba sudah sama dalam hal membangkitkan perekonomian pasca pandemik, terutama di sektor perkebunan dan perdagangan, tinggal saat ini kita siapkan realisasi konkretnya," ujar Apriyadi, Rabu (27/7/2022).

Baca Juga: Belum 2 Tahun, Pasar Ikan Modern Palembang Kini Terbengkalai

2. Wamendag siap bawa investor ke Muba

2 Pasar di Muba Bakal Diubah Jadi Pusat Grosir Antar Kabupaten( Pj Bupati Muba Apriyadi saat menemui Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia Jerry Sambuaga di Kantor Kementerian Perdagangan RI, Selasa (26/7/2022) IDN Times/Istimewa

Ia mengungkapkan, revitalisasi kedua pasar ini akan menjadi etalase bangkitnya perekonomian di sektor perdagangan Kabupaten Muba. Pemkab Muba meminta dukungan maksimal dari Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Apalagi dalam audiensi tersebut, Wamendag menyatakan siap mendorong dengan menghadirkan investor untuk membangun ikon di Sekayu. 

"Dengan memanfaatkan lahan milik pemerintah daerah bekerja sama pihak ketiga. Tidak menggunakan dana APBD maupun APBN. Hal ini tentunya dapat membangkitkan dan menumbuhkan perekonomian, misalnya kita bangun mini mal, pusat perkantoran, dan hotel, untuk menunjang Kota Sekayu sebagai Ibu kota kabupaten," jelasnya.

3. Wamendag sebut revitalisasi pasar merupakan opsi yang tepat

2 Pasar di Muba Bakal Diubah Jadi Pusat Grosir Antar Kabupaten( Pj Bupati Muba Apriyadi saat menemui Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia Jerry Sambuaga di Kantor Kementerian Perdagangan RI, Selasa (26/7/2022) IDN Times/Istimewa

Jerry Sambuaga mengapresiasi gerak cepat Pemkab Muba untuk merealisasi pemulihan perekonomian masyarakat, terutama di sektor perdagangan pasca pandemik. 

"Langkah konkret ini tentu harus didukung. Saya dengan senang hati jika mendapatkan undangan untuk berkunjung ke Muba, mengecek kondisi pasar dan lainnya," ungkapnya. 

Ia mengatakan, pemulihan ekonomi di sektor perdagangan menjadi ujung tombak untuk menstabilkan perekonomian di daerah. "Skema revitalisasi pasar menjadi opsi yang tepat," tuturnya.

Baca Juga: Spanyol Jadi Pasar Baru Ekspor Batu Bara Asal Sumsel 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya