Comscore Tracker

Muchendi Pastikan Fraksi Demokrat Kawal Dana Bantuan Gubernur Sumsel

Diskusi PWI Sumsel, Politisi Milenial: Apa yang akan Dibawa?

Palembang, IDN Times-Anggota DPRD Sumsel terpilih, Muchendi Mahzareki menilai, sebagai politisi muda, dalam arti pemuda di usia 20 - 40 tahun menurut definisi pemuda, harus memiliki kemampuan mengakses perkembangan teknologi.

"Di zaman 4.0 ini kita sebagai politisi muda harus bisa menjawab tantangan zaman ini,” ungkapnya, pada diskusi yang digelar PWI Sumsel, di Roca Cafe and Resto, Kamis (5/9).

Terlepas dari hal itu, Muchendi mengungkapkan, setelah resmi dilantik nanti, Fraksi Demokrat akan menyoroti penggunaan anggaran yang disalurkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel ke kabupaten/kota. Sudah tentu mereka melibatkan wartawan demi terciptanya transparansi kinerja DPRD.

“Nanti setelah dilantik, kita akan cek, Fraksi Demokrat akan cek di dapilnya masing masing, sudah sejauh mana program itu berjalan. Kita punya kewenangan melakukan kontrol, karena itu berkaitan dengan dana APBD propinsi," ungkapnya.

Sudah sewajarnya, jelas Muchendi, DPRD Sumsel mengetahui hal itu, apakah penyaluran anggaran tersebut sudah sesuai standar atau belum. Apalagi, anggaran tersebut nilainya lumayan besar dan cukup rentan setelah anggaran tersebut disalurkan ke kabupaten/kota.

“Ada dana hibah dari Propinsi Sumsel ke kabupaten/kota, yang nilainya berbeda-beda. Dana hibah ini diberikan dalam bentuk uang, misalnya ada di salah satu kabupaten ada yang Rp50 miliar. Ini ada proses tender yang dilaksanakan kabupaten/kota, kita selaku DPRD Propinsi berhak melakukan kontrol, apakah itu dibangun jalan, atau untuk perbaikan sekolah sekolah dan yang lainnya,"  jelasnya

“Saya akan mengajak kawan kawan media untuk sidak sama sama, dana yang diberikan propinsi ke kabupaten kota, apakah dilaksanakan dengan baik atau tidak, dan inilah kawan kawan. Baik buruknya akan diberitakan," sambungnya.

Sementara, Anggota DPRD Palembang terpilih, M Akbar Alfaro menuturkan, mungkin masih banyak keraguan dari kalangan masyarakat. Namun, urgensi dari peran anak muda ini sangat dibutuhkan tidak hanya di dewan saja, tapi diberbagai lini.

"Peran anak muda ini identik dengan semangat bergebu, dan juga memiliki pemikiran yang sangat kritis. Bagi saya, sebagai millennial banyak tantangan yang akan temui di dunia parlemen," tandasnya.

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You