Sumsel Siapkan Anggaran Rp20 Miliar untuk Piala Dunia U20 di Palembang

Proses renovasi dilakukan setelah bulan September

Palembang, IDN Times - Usai melakukan lawatan dan bertemu Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Herman Deru, memastikan Palembang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang. Keputusan tersebut dianggap sudah Final oleh pemerintah pusat.

"Menpora sudah menyatakan keputusan Presiden telah final, bahwa Sumsel masuk menjadi tuan rumah. Hanya saja tinggal menunggu persetujuan FIFA," ungkap Herman Deru, Kamis (16/7/2020).

1. Pemprov anggarkan perbaikan stadion utama dan pendukung Rp20 miliar

Sumsel Siapkan Anggaran Rp20 Miliar untuk Piala Dunia U20 di PalembangGubernur Sumsel Herman Deru (IDN Times/Rangga Erfizal)

Berbagai upaya untuk menjadikan Palembang sebagai bagian dari tuan rumah piala dunia serius dilakukan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel bersama KONI dan PSSI masih menunggau kedatangan tim dari FIFA untuk tahapan penilaian.

Namun sebelum itu terjadi, Pemprov Sumsel kata Deru akan menganggarkan Rp11 miliar sebagi biaya perbaikan beberapa bagian stadion Gelora Sriwijaya di Jakabaring. Bahkan Deru berjanji menambah anggaran agar untuk penyelenggaraan turnamen sepak bola antar negara di dunia tersebut.

"Kita kembali menyiapkan dana sebesar Rp20 miliar, atau sekitar 30 persen dari kebutuhan. Komitmen ini telah dilakukan dengan penandatanganan," jelas dia.

Baca Juga: Herman Deru Pengin Jakabaring Tempat Opening-Closing Piala Dunia U20 

2. Renovasi stadion Gelora Sriwijaya akan dimulai September mendatang

Sumsel Siapkan Anggaran Rp20 Miliar untuk Piala Dunia U20 di PalembangStadion Gelora Sriwijaya di Palembang. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Deru menjelaskan, dana Rp20 miliar tersebut rencananya akan digunakan untuk renovasi dan memperindah stadion Gelora Sriwijaya di komplek Jakabaring Sport City (JSC), serta pembangunan lapangan pendukung untuk tempat berlatih pemain.

"Pembangunan (renovasi) lapangan pendukung juga dilakukan setelah September mendatang. Sekarang sudah mulai kita rapihkan," jelas dia.

3. Deru minta dukungan semua pihak

Sumsel Siapkan Anggaran Rp20 Miliar untuk Piala Dunia U20 di PalembangPertandingan sepakbola di Stadion Jakabaring Palembang (Dok.IDN Times)

Herman Deru juga meminta dukungan masyarakat untuk mensukseskan jalan menuju pegelaran Piala Dunia. Menurutnya, segenap pengalaman dalam penyelenggaraan event lokal, nasional, hingga Internasional, Bumi Sriwijaya sudah memiliki bekal karena kaya akan pengalaman.

"Sumsel ini merupakan bagian dari tuan rumah, dan ini tidak harus direduksi lagi," tandas dia.

Baca Juga: Piala Dunia U20, Bangku Stadion Gelora Sriwijaya Dikurangi 40 Persen  

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya