Comscore Tracker

Sandiaga Uno Dorong UMKM Pulih dengan Kolaborasi Lokapasar

UMKM dan pariwisata paling terdampak pandemik COVID-19

Palembang, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, membuka Festival Sriwijaya XXIX Tahun 2021, Jumat (22/10/2021).

Kegiatan tersebut menjadi wadah bagi UMKM dan pekerja seni di Sumatra Selatan (Sumsel) untuk memasarkan produk-produknya. Mulai dari produk olahan makanan, kopi khas Sumsel, kain, hingga kerajinan Bumi Sriwijaya.

"Kita tahu saat ini UMKM sedang kesulitan, makanya kita harus mendukung parekraf dengan membeli produk olahan. Kita harus menjadi rombongan yang membeli produk, bukan hanya lihat-lihat saja," ungkap Sandiaga saat mengunjungi Tenant Kuliner JD.ID di Festival Sriwijaya XXIX, Taman Budaya Sriwijaya Palembang.

1. Langkah Sandiaga mendukung UMKM

Sandiaga Uno Dorong UMKM Pulih dengan Kolaborasi LokapasarMenteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif Sandiaga Uno saat menghadiri Festival Sriwijaya ke XXIX (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sandiaga Uno mengakui, dirinya mendapat banyak keluhan soal sulitnya UMKM menghadapi pandemik COVID-19. Selama ini, jam operasional mereka terbatas sehingga banyak pedagang yang tidak mendapatkan hasil maksimal.

"Kita tetap mendorong UMKM melalui suntikan-suntikan dana yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu," jelas dia.

Baca Juga: Menparekraf Dorong Wisudawan PTNP Bangkitkan Pariwisata Pasca Pandemik

2. Gandeng lokapasar mendorong pemulihan ekonomi

Sandiaga Uno Dorong UMKM Pulih dengan Kolaborasi LokapasarMenteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif Sandiaga Uno saat menghadiri Festival Sriwijaya ke XXIX (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sandiaga juga mengapresiasi bantuan pihak swasta yang turut membantu UMKM dalam kegiatan Festival Sriwijaya. Menurutnya, bantuan lokapasar (e-commerce) seperti JD.ID diharapkan bisa memotivasi UMKM berjuang di tengah pandemik.

"Ayo kita begancang (gerak cepat) membantu UMKM ini, agar usaha kreatif kembali menggeliat dan membantu terciptanya lapangan pekerjaan," jelas Sandi Uno.

Baca Juga: Baru 8 Persen UMKM di Sumsel yang Manfaatkan Platform Digital

3. Meriahkan Festival Sriwijaya dengan diskon menarik

Sandiaga Uno Dorong UMKM Pulih dengan Kolaborasi LokapasarMenteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif Sandiaga Uno saat menghadiri wisuda Poltekpar Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Market Manager JD.ID Regional Sumatra, Ravido Alvano Wijaya mengatakan JD.ID, sebagai salah platform lokapasar retail terbesar di Indonesia turut memeriahkan kegiatan dengan menjadi sponsorship.

Pihaknya juga menyiapkan hadiah menarik serta voucher diskon demi menstimulasi minat masyarakat memeriahkan Festival Sriwijaya Tahun 2021.

"JD.ID menyediakan segala kebutuhan usaha para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM, seperti alat elektronik, bahan makanan, produk segar, dan lainnya. Melalui platform belanja online yang serba-guna, serba-ada, dan bebas repot," tutup dia.

Baca Juga: Ini Penyebab E-Commerce Bakal Ramai-ramai Bermigrasi ke Medsos

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya