Peredaran Narkoba di Lapas Merah Mata, Petugas Temukan 40 Unit HP

Petugas juga menemukan pisau di dalam kamar lapas

Palembang, IDN Times - Meski sudah menjadi narapidana dan harus mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1, Mata Merah Palembang, tidak membuat Daeng Sabil kapok dengan kasus sama. Ia masih menjadi bandar sabu yang menggerakkan bisnis terlarang dari balik jeruji besi.

Badan Narkotika Nasional (BNN) mengungkap jika narapidana masih menjadi otak peredaran narkotika seberat 171 kilogram sabu, dan puluhan ribu butir ekstasi yang berhasil digagalkan di Banyuasin, Sumatra Selatan (Sumsel).

1. Lapas mata merah akui banyak barang terlarang masuk lapas

Peredaran Narkoba di Lapas Merah Mata, Petugas Temukan 40 Unit HPSidang di Lapas Mata Merah Palembang, ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Usai terbongkarnya peredaran sabu yang dikendalikan dari penjara, pihak Lapas Merah Mata Palembang langsung melakukan sidak. Hasilnya, ditemukan banyak barang yang dilarang seperti 40 unit handphone unit dan puluhan sendok yang dimodifikasi sebagai pisau, Selasa (26/1/2021) malam.

"Kami melakukan razia untuk mengurangi barang berbahaya yang masuk. Semua yang kami temukan ini disita. Sejauh ini tidak ada narkoba yang ditemukan masuk ke dalam sel," ujar Kepala Lapas Merah Mata Kelas 1 Palembang, Kardiyono, Rabu (27/1/2021).

Baca Juga: Napi Lapas Merah Mata Palembang Pasok Sabu dari Malaysia

2. Kalapas Mata Merah beberkan modus warga binaan selundupkan barang

Peredaran Narkoba di Lapas Merah Mata, Petugas Temukan 40 Unit HPSidak di Lapas Mata Merah Palembang, ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Menurut Kardiyono, warga binaan yang melanggar mendapat teguran dari pihak lapas. Sendok yang dimodifikasi sebagai pisau biasanya masuk dari tempat makan.

"Contohnya sendok, mereka gunakan untuk makan. Tapi malah digeprek begini jadi pisau. Ada juga karter yang dibentuk pisau, itu diambil saat ada kegiatan. Ini juga jadi koreksi kami untuk lebih jelih lagi,"ujar dia. 

3. Petugas sidak malam hari agar tidak bocor

Peredaran Narkoba di Lapas Merah Mata, Petugas Temukan 40 Unit HPSidak di Lapas Mata Merah Palembang, ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Saat penggeledahan ada sekitar 50 personel lapas yang diturunkan. Semua sudut ruangan tidak lepas dari jangkauan petugas. Menurutnya razia seperti ini sudah sering dilakukan, hanya saja barang terlarang masih tetap lolos saat petugas lengah.

"Kami lakukan penyisiran malam hari agar tak bocor ke penghuni. Kami mengedepankan komitmen untuk meminimalisir barang berbahaya. Kalaupun ada pelanggaran, harus sesuai ketentuan," beber dia.

Baca Juga: Napi Lapas Mata Merah Palembang Gantung Diri di Kamar Mandi  

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya