Comscore Tracker

Penumpang LRT Palembang Mulai Naik, KAI Tambah Jumlah Perjalanan

LRT tetap dibatasi 70 persen penumpang setiap harinya

Palembang, IDN Times - Light Rail Transit (LRT) Palembang kembali dibuka dengan penambahan operasional perjalanan menjadi 42 kali dalam sehari. Penambahan jadwal ini disebabkan jumlah penumpang yang mengalami peningkatan. Padahal saat pandemik, operasional LRT menjadi 22 kali perjalanan dalam sehari.

"Kita akan kembalikan jumlah perjalanan seperti semula namun bertahap. Terhitung 1 Desember 2020, LRT Palembang akan berjalan 42 kali dalam sehari," ungkap Manager Humas PT KAI Divre III, Aida Suryanti, Senin (30/11/2020).

1. LRT Palembang masih gunakan jam keberangkatan pandemik

Penumpang LRT Palembang Mulai Naik, KAI Tambah Jumlah PerjalananIDN Times/Reza Iqbal

Meski mengalami kenaikan jumlah perjalanan LRT, pihak PT KAI selaku pengelola kereta listrik belum mengembalikan operasional ke jam normal. Pihaknya masih menggunakan jam keberangkatan selama pandemik, yakni pukul 08.04 WIB hingga pukul 15.41 WIB.

"Penambahan jadwal untuk mengakomodir dan mengantisipasi kenaikan penumpang LRT Palembang pada masa adaptasi kebiasaan baru," jelas Aida.

Baca Juga: LRT Palembang Berlakukan Aturan Wajib Masker Bagi Penumpang

2. Penumpang LRT meningkat saat weekend

Penumpang LRT Palembang Mulai Naik, KAI Tambah Jumlah PerjalananIDN Times/Feny Maulia Agustin

Aida mencatat, terjadi kenaikan jumlah pengguna LRT di masa adaptasi baru. Pada bulan November saja, LRT telah mengangkut sebanyak 54.136 orang dengan jumlah penumpang terbanyak di akhir pekan.

"Untuk weekend mencapai 2.846 penumpang, sedangkan rata-rata per hari ada 1.763 penumpang. Jumlah itu sudah kita batasi sesuai anjuran protokol, yakni 70 persen penumpang untuk setiap perjalanan," jelas dia.

3. Protokol kesehatan ketat tetap diberlakukan

Penumpang LRT Palembang Mulai Naik, KAI Tambah Jumlah PerjalananIDN Times/Rangga Erfizal

Aida menjelaskan, selama masa adaptasi baru pihaknya terus mengimbau protokol kesehatan secara konsisten dan proaktif. Mereka mengedukasi dan mengawasi para penumpang agar tertib menggunakan masker, atau menjaga jarak fisik antar penumpang.

"Kita juga sediakan tempat cuci tangan, dan sebelum penumpang naik akan dicek suhu tubuh," tutup dia.

Baca Juga: Jumlah Penumpang LRT Palembang Anjok 100 Persen Akibat Pandemik

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya