Comscore Tracker

Pencurian Tanaman Marak di Palembang, Polrestabes Ingatkan Warga

Warga pilih simpan tanaman di belakang rumah

Palembang, IDN Times - Naiknya penjualan dan harga tanaman Janda Bolong serta berbagai tanaman hias lain, dimanfaatkan oleh para pencuri untuk berbuat kejahatan. Beberapa kejadian pencurian tanaman dilakukan pada malam hari saat penjaga rumah tertidur. Para pencuri itu masuk menggasak tanaman yang berada di halaman rumah.

Kejadian tersebut sempat menimpa warga Plaju, Palembang, yang terekam CCTV. Kondisi tersebut membuat para pecinta tanaman harus lebih waspada.

"Saat ini memang warga Palembang sedang gemar menanam, apa lagi sejak pandemik, banyak kegiatan di rumah untuk menanam sebagai pilihan. Kondisi ini juga dimanfaatkan pencuri tanaman sehingga warga harus lebih berhati-hati," ungkap Kasubbag Humas Polrestabes Palembang, AKP Irene, Jumat (20/11/2020).

1. Harga tanaman yang mahal memancing orang untuk mencuri

Pencurian Tanaman Marak di Palembang, Polrestabes Ingatkan WargaIlustrasi Saksi Mata Pencurian (IDN Times/Mardya Shakti)

Polrestabes Palembang pun mengimbau kepada masyarakat yang memiliki hobi bercocok tanam agar menjaga tanamannya di tempat khusus. Menurut Irene, harga bunga yang mahal jadi alasan pencuri untuk melakukan aksinya.

"Letakkan di tempat yang aman dan mudah terlihat, sehingga tidak mengundang pelaku kejahatan," tutur dia.

Baca Juga: Memalukan, Oknum Anggota Polres OKU Selatan Terlibat Pencurian 

2. Libatkan tokoh masyarakat untuk imbau warga

Pencurian Tanaman Marak di Palembang, Polrestabes Ingatkan WargaIlustrasi tanaman hias (IDN Times/Shemi)

Demi menjaga keamanan di lingkungan masyarakat, Polrestabes Palembang melalui Babinkamtibmas di setiap Polsek terus melakukan patroli. Mereka juga mengimbau kepada tokoh masyarakat untuk mengingatkan warga agar lebih berhati-hati.

"Ekonomi warga terkena dampak, sehingga mereka benar-benar harus mengantisipasi kejahatan, baik itu 3C maupun pencurian bunga agar tidak ada lagi korban pelaku pencurian," tutur dia.

Baca Juga: Tren Tanaman Monstera Janda Bolong di Palembang, Berkah Bagi Pedagang

3. Warga mulai antisipasi maraknya pencurian

Pencurian Tanaman Marak di Palembang, Polrestabes Ingatkan WargaFoto hanya ilustrasi. (safedepositfederation.com)

Seorang pencinta tanaman bernama Rio Pratama (30) mengatakan, dirinya memang khawatir terhadap pencurian tanaman yang bisa terjadi suatu waktu. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Rio memilih untuk memindahkan tanamannya ke teras belakang.

"Dulu memang ditaruh di depan, cuma takut saja diambil jadi lebih baik disimpan di ruang yang tidak terlihat," tutup dia.

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya