Comscore Tracker

Pelaku Begal Taksi Online Gunakan Alat Kejut Listrik Lumpuhkan Korban

Korban melihat gelagat mencurigakan sebelum kejadian 

Palembang, IDN Times - Pelaku begal mobil milik pengemudi taksi online ditangkap usai menjadi bulan-bulanan masyarakat. Tersangka Bembie Tegriandora (27), melakukan begal Daihatzu Sigra putih bernomor polisi BG 1290 OV.

Tersangka menggunakan alat kejut listrik untuk melumpuhkan korban hingga tak sadarkan diri. Namun ternyata korban bisa melawan dan melarikan diri.

"Warga yang melihat korban berteriak meminta tolong, langsung mendekat dan menghentikan mobil. Saat ini pelaku sudah diamankan di Polsek Sukarami Palembang," ungkap Kapolsek Sukarami, Kompol Dwi Satya Arian, Selasa (17/5/2022).

1. Tersangka gunakan akun palsu

Pelaku Begal Taksi Online Gunakan Alat Kejut Listrik Lumpuhkan KorbanIlustrasi Begal (IDN Times/Mardya Shakti)

Dwi menjelaskan, tersangka melakukan begal dengan memesan mobil dari Palembang Square (PS) Mal menuju Talang Kelapa Palembang. Tersangka telah merencanakan begal untuk mencuri kendaraan dari pengemudi taksi online.

"Saat memesan taksi online, tersangka ini menggunakan akun palsu atas nama Ahmed. Nama itu berbeda dengan nama asli dia," ujar Dwi.

Baca Juga: Kawanan Begal Pukul Pedagang Sayur di Palembang Pakai Kayu Balok

2. Korban berhasil mengundang kecurigaan masyarakat

Pelaku Begal Taksi Online Gunakan Alat Kejut Listrik Lumpuhkan KorbanIlustrasi Begal (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurut Dwi, korban sempat merasa curiga dengan gerak-gerik tersangka yang terlihat aneh. Sebab sebelum aksi begal terjadi, tersangka meminta kepada korban untuk berhenti terlebih dahulu mengambil kunci. Gelagat mencurigakan itu membuat korban menaruh curiga. Apalagi korban terlihat mondar-mandir.

"Korban yang sudah curiga lalu mengeluarkan obeng untuk jaga-jaga jika ada hal yang tidak diinginkan," ungkap dia.

Setelah berhenti, tersangka kembali masuk ke mobil dan duduk di samping korban. Tak lama, gelagat mencurigakan tersangka semakin terlihat ketika ia berpura-pura menelepon dan memegang tas seraya mau mengeluarkan sesuatu dari dalam tas.

"Alat kejut itu dikeluarkan untuk menyerang korban, tapi korban berhasil melawan dengan obeng yang telah dikeluarkan dan berhasil keluar dari mobil," ujar dia.

3. Tersangka langsung diamankan di Polsek Sukarami

Pelaku Begal Taksi Online Gunakan Alat Kejut Listrik Lumpuhkan KorbanIlustrasi Begal. (IDN Times/Aditya Pratama)

Aksi begal mengundang perhatian warga untuk membantu korban. Tersangka berhasil diamankan dengan barang bukti alat kejut listrik, satu obeng, satu tas warna hitam, dan satu handphone merk Sony.

"Pelaku terancam dikenakan Pasal 365 ayat (1) Jo 53 ayat (1) KUHP," tutup Dwi.

 

Baca Juga: Cari Makan Sahur, Satpam di Palembang Diserang 30 Orang

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya