Ibadah Haji Batal, Warga Palembang Ini Sedih dan Kangen Lihat Ka'bah

Sudah tahun kedua, warga tidak bisa naik haji

Palembang, IDN Times - Kerinduan untuk ke Tanah Suci dirasakan oleh pasangan Nurdjannah dan Amiruddin. Pasalnya tahun ini mereka kembali batal melaksanakan ibadah haji lantaran pandemik COVID-19.

"Kecewa itu pasti lah, ada perasaan sedih. Saya sebenarnya kangen melihat Ka'bah dari dekat. Namun mau bagaimana lagi, ini menjadi ketentuan bagi seluruh jemaah di Indonesia, bahkan dunia," ungkap Nurdjannah berkaca-kaca, Sabtu (5/6/2021).

Baca Juga: Polda Sumsel Bantah Penyerangan Aggota Polisi Terkait Terorisme

1. Nurdjannah sudah sudah dua tahun batal haji

Ibadah Haji Batal, Warga Palembang Ini Sedih dan Kangen Lihat Ka'bahNurdjannah salah satu calon jemaah haji yang gagal berangkat ke tanah suci (IDN Times/Rangga Erfizal)

Nurdjannah menjelaskan, dia telah mendaftar untuk naik haji sejak tahun 2012. Di tahun yang sama, dia sempat umrah dengan rencana keberangkatan tahun 2020.

"Karena pandemik semakin ganas yang seharusnya berangkat 27 Juli 2020 akhirnya batal. Ini menunggu lagi untuk tahun 2021, namun kembali batal," ujar pensiunan guru di Palembang tersebut.

2. Nurdjannah berharap pandemik segera berakhir

Ibadah Haji Batal, Warga Palembang Ini Sedih dan Kangen Lihat Ka'bahSuasana Jamaah Haji di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Senada, Amiruddin mengungkapkan tidak punya kuasa selain kembali menunggu berangkat ke tanah suci tahun mendatang. Dia berharap bisa berangkat beribadah haji dan pandemik segera berakhir.

"Sekarang tawakal saja, kalau Allah mengizinkan semoga tetap berangkat. Semoga gak ada lagi COVID-19 dan bisa berangkat," jelas dia.

3. Warga garus menunggu lebih lama untuk ke tanah suci

Ibadah Haji Batal, Warga Palembang Ini Sedih dan Kangen Lihat Ka'bahTerlihat kerumunan di Jembatan Jamarat, Mina, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Sementara itu, jemaah lain Irwan mengungkapkan ikut merasakan sedih ibadah haji kembali mundur. Hal ini membuatnya harus menunggu semakin lama ibadah haji selama 21 tahun.

"Sudah dua kali batal, sesuai jadwal berangkat 2033. Dengan begini saya baru akan berangkat 2035 mendatang," tutup dia.

Baca Juga: Pria Misterius Penyerang Polisi di Palembang Mengaku Teroris

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya