Comscore Tracker

Hari Ini Belum Ada Petugas Pengamanan di Gereja - gereja Palembang

Petugas baru ditempatkan di gereja pada 24 Desember sore

Palembang, IDN Times -Polda Sumsel mulai memfokuskan pada pengamanan ibadah bagi umat Kristiani. Sejumlah personel pun sudah di sebar di gereja-gereja yang ada di wilayah Sumsel. 

Karo Ops Polda Sumsel, Kombes Pol Djihartono mengatakan, pengamanan proses ibadah menjadi fokus utama mereka dalam operasi lilin Musi 2019. "Kami lakukan pengamanan tempat ibadah umat Kristiani, di gereja-gereja," kata dia, Senin (23/12).

1. Proses pengamanan dilakukan sampai puncak perayaan natal

Hari Ini Belum Ada Petugas Pengamanan di Gereja - gereja PalembangPenjagaan belum terlalu ketat menjelang natal (IDN Times/Rangga Erfizal)

Djihartono mengungkapkan, untuk mengamankan tempat ibadah umat Kristiani ini, pihaknya akan menetralisir kondisi di gereja sebelum dan sesudah Natal. Ada sekitar 2.133 personel gabungan lintas instansi, yang dilibatkan dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019 ini.

"Kemudian gedung yang di sewa atau tempat yang dipakai untuk ibadah, karena proses ibadah sudah dimulai sejak beberapa hari sebelum puncak 25 Desember," ungkap dia.

2. Polda Sumsel siagakan dua peleton brimob pada jalur tol

Hari Ini Belum Ada Petugas Pengamanan di Gereja - gereja PalembangPengamanan gereja akan difokuskan di seluruh wilayah Sumsel (IDN Times/Rangga Erfizal)

Selain fokus mengamankan gereja, jelas Djihartono, pihaknya juga harus mengamankan posisi vital seperti bandara, terminal, stasiun, mall, hingga jalan tol.

"Kami juga memprioritaskan titik rawan di jalan tol yang baru difungsikan 15 Desember kemarin. Ada dua peleton anggota brimob khusus mengcover jalan tol, karena infrastrukturnya belum maksimal," jelas dia.

3. Forkompinda Sumsel dirikan 65 pos Nataru di sejumlah wilayah Sumsel

Hari Ini Belum Ada Petugas Pengamanan di Gereja - gereja PalembangSuasana Gereja Khatolik Paroki Santo Joseph, Palembang menjelang perayaan Hari Natal, Senin (23/12)/IDN Times/Rangga Erfizal

Polda Sumsel bersama jajaran Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda) Sumsel, terangnya, juga mendirikan 47 pos pengamanan dan 18 pos pelayanan. Para personel memonitor secara mobile untuk lakukan patroli setiap saat dari tanggal 23 Desember hingga 1 Januari.

"Kami juga mendirikan pospam dan poslay dengan tim TNI, Polri, Kesehatan dan Pol PP," tandas dia.

Baca Juga: Sebanyak 2.358 Personel Gabungan Siap Amankan Nataru di Sumsel 

4. Penjagaan gereja di Palembang baru dilakukan satu hari jelang perayaan Natal

Hari Ini Belum Ada Petugas Pengamanan di Gereja - gereja PalembangPersiapan natal di gereia St Maria (IDN Times/Rangga Erfizal)

Pantauan IDN Times pada empat gereja di Kota Palembang, seperti di Gereja Katolik Paroki Santo Yoseph, HKBP Palembang, Gereja Katedral St Maria, dan Gereja Siloam, Senin (23/12) ini, belum terlihat penjagaan dari pihak kepolisian, lantaran masih dalam proses persiapan tempat ibadah natal.

"Kalau Polisi dan TNI biasanya memonitor saja, baru mulai penjagaan besok sekitar jam 5 sore," jelas petugas keamanan gereja St Maria Palembang.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya