Harga Beras Melambung Tinggi, Pemprov Sumsel Gencarkan Pasar Murah 

Pasar murah bakal dilaksanakan tiga kali sepekan

Intinya Sih...

  • Pasar murah dilakukan tiga kali sepekan oleh Pj Gubernur Sumatra Selatan, Agus Fatoni
  • Langkah proaktif pemerintah dengan gerakan pasar murah untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok
  • Pemprov Sumsel bersama Pemda adakan pasar murah Senin, Selasa, dan Kamis serta mengupayakan stabilitas bahan pokok lainnya

Palembang, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Agus Fatoni, mengakui saat ini harga beras di pasaran mengalami peningkatan. Untuk mencegah harga tersebut semakin tinggi, pihaknya terus mengupayakan operasi pasar murah seminggu tiga kali.

"Dengan adanya pasar murah, toko kebutuhan pokok dan subsidi di pasar, harga bahan pokok tetap terjaga meskipun harga di pasar umum naik," ungkap Agus Fatoni, Selasa (27/2/2024).

Baca Juga: Jadwal Pasar Murah Palembang, Paket Beras dan Minyak Cuma Rp60 Ribuan

1. Pasar harian jadi alternatif

Harga Beras Melambung Tinggi, Pemprov Sumsel Gencarkan Pasar Murah Operasi pasar beras murah SPHP (stabilisasi pasokan harga pasar) (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Agus Fatoni mengatakan, pemerintah telah mengambil langkah proaktif dengan meluncurkan gerakan pasar murah. Upaya ini memungkinkan masyarakat tetap membeli bahan pokok dengan harga yang terjangkau, sehingga dapat menjaga stabilitas ekonomi rumah tangga.

"Pasar harian ini menjadi alternatif untuk memperoleh harga lebih murah dibanding pasar umum," jelas dia.

Baca Juga: Sumsel Terima 14 Ribu Ton Beras Impor, Bulog Jamin Stok Ramadan Cukup

2. Sarankan masyarakat beralih ke beras Bulog

Harga Beras Melambung Tinggi, Pemprov Sumsel Gencarkan Pasar Murah Stok beras SPHP di Gudang Bulog Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Fatoni mengatakan, upaya dalam menyediakan akses ke bahan pokok dengan harga terjangkau, diharapkan bisa membantu masyarakat menghadapi kenaikan harga beras dan menjaga stabilitas ekonomi rumah tangga.

"Bulog juga akan mensuplai terus beras SPHP. Masyarakat kalau mau beras murah dan harga yang stabil bisa beli beras SPHP," jelas dia.

3. Petakan kenaikan harga bahan pokok

Harga Beras Melambung Tinggi, Pemprov Sumsel Gencarkan Pasar Murah Ilustrasi beras. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sebagai informasi Pemprov Sumsel bersama Pemda Kabupaten dan Kota mengadakan pasar murah setiap hari Senin, Selasa, dan Kamis. Tak hanya memastikan kebutuhan beras Pemprov Sumsel juga mengupayakan stabilitas bahan pokok seperti telur, ayam, dan daging dipasaran jelang puasa.

"Kami akan melakukan pemetaan dan intervensi pada komoditas yang mengalami kenaikan harga," tutup dia.

Baca Juga: Harga Pangan Melejit, Wako Palembang Pantau Pasar di 13 Kecamatan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya