Comscore Tracker

Semua Jemaah Haji Ogan Ilir Pulang ke Tanah Air dengan Selamat

Semua jemaah diharapkan menjaga ibadah dan gelarnya

Ogan Ilir, IDN Times - Kementerian Agama Wilayah Ogan Ilir (Kemenag OI) selesai melaksanakan penyelenggaraan haji 2022. Seluruh jemaah tiba di Bumi Caram Seguguk dengan selamat dan negatif COVID-19.

"Seluruh debarkasi OI sudah sampai di Indonesia. Semalam (10/8/2022) ada 91 orang lebih dulu sampai dan sore ini dua orang lagi tiba di Palembang," ujar Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag OI, H Nelson Nawawi, Kamis (11/8/2022).

Baca Juga: Koper Jemaah Haji OKU Sumsel Tertukar dengan Jemaah Babel

1. Dua jemaah tergabung di kloter 8 dengan Banyuasin dan Lahat

Semua Jemaah Haji Ogan Ilir Pulang ke Tanah Air dengan SelamatIlustrasi jemaah haji. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Sebelumnya, 91 orang tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang pada Rabu (10/8/2022) sekitar pukul 21.30 WIB. Selebihnya sampai di Bumi Sriwijaya, Kamis (11/8/2022) pukul 17.00 WIB.

"Dua orang jemaah haji yang baru sampai ini tergabung dalam Kloter 8 bersama jemaah haji asal Banyuasin dan Lahat," kata dia.

2. Kemenag OI akan berkoordinasi dengan Pemkab soal anggaran haji tahun depan

Semua Jemaah Haji Ogan Ilir Pulang ke Tanah Air dengan SelamatSuasana jemaah haji saat menaiki armada bus yang disiapkan Kementerian Agama. (Dok/ CSIIS)

Nelson menyampaikan, beberapa hal menjadi catatan agar diperbaiki pada musim haji berikutnya. Yakni soal koordinasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terkait anggaran penyelenggaraan ibadah haji.

“Agar kita bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada para jemaah haji ke depannya,” timpalnya.

3. Kemenag OI berharap kuota haji lebih banyak tahun depan

Semua Jemaah Haji Ogan Ilir Pulang ke Tanah Air dengan SelamatTerowongan Mina, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Selain itu, Kemenag OI berharap kuota jemaah lebih banyak dibandingkan tahun ini, seperti menambah jumlah jemaah tanpa ada pembatasan dari pemerintah.

"Biasanya kita bisa memberangkatkan lebih kurang 200-an jemaah haji setiap tahun. Tapi karena dibatasi, jumlah tahun ini sedikit. Semoga para Haji dan Hajjah bisa menjaga gelarnya dengan baik," tandas dia.

Baca Juga: Keluarga Diminta Tak Jemput Jemaah Haji di Bandara SMB II Palembang

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya