Comscore Tracker

PLN Palembang Lakukan Pemeliharaan, Listrik Bakal Padam Sekitar 3 Jam

Pemadaman di beberapa lokasi antara pukul 08:00-16:00 WIB

Palembang, IDN Times - Perusahaan Listrik Negara (PLN) wilayah Palembang melakukan pekerjaan pemeliharaan gardu induk, rekontruksi SUTM, penyambungan jaringan, dan gardu distribusi baru. Akibatnya terjadi pemadaman beberapa aliran listrik ke pelanggan selama kurang lebih 3 jam antara pukul 08:00-16:00 WIB hingga sepekan mendatang.

Manajer Komunikasi PT PLN WS2JB, Bakri mengatakan, jadwal pemeliharaan sudah dilakukan sejak kemarin dan akan berlangsung hingga 5 Oktober 2020. Bakri menyebut alasan pemadaman untuk pemeliharaan demi meningkatkan jaringan dan suplai listrik kepada masyarakat.

"Pemadaman terjadi hari ini, 29 September, berada di beberapa lokasi seperti kawasan Jakabaring, wilayah Sekip, sekitaran KM 5, daerah Cinde, Suro, Jalan R Soekmato, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Talang Buruk, Jalan Soekarno Hatta dan sekitar Kantor Dishub Palembang sampai Jalan Alamsyah Baru Karang Anyar," kata dia, Selasa (29/3/2020).

1. Pemeliharaan jaringan untuk mencegah kerusakan lebih luas

PLN Palembang Lakukan Pemeliharaan, Listrik Bakal Padam Sekitar 3 JamPetugas Command Center PLN sedang melayani aduan pelanggan listrik. IDN Times/Anggun Puspitoningrum

Pemadaman aliran listrik sebagai upaya Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3 Palembang) PT. PLN meriset ulang ketersediaan listrik. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kerusakan berat yang meluas ke area tidak terdampak, dan suplai listrik terhadap masyarakat lain tidak terganggu.

"Pemeliharaan ini Ibarat kendaraan yang di tune up. Pemeliharaan berkala rutin dilakukan hampir setiap hari di seluruh wilayah di Palembang," ujarnya.

Baca Juga: DPKP Palembang Sediakan 2.000 Vaksin Gratis Bagi Hewan Peliharaan

2. Pemeliharaan bisa dilaksanakan dalam keadaan listrik tetap hidup

PLN Palembang Lakukan Pemeliharaan, Listrik Bakal Padam Sekitar 3 JamANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

Meski sedang dilakukan pemeliharaan, jelas Bakri, pihaknya memastikan sebagian pekerjaan pemeliharaan bisa dilaksanakan dengan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB). Sehingga saat pelaksanaan pekerjaan dalam keadaan bertegangan listrik tetap hidup.

"Dalam pemeliharaan tidak selalu padam, pekerjaan juga bisa dilaksanakan dengan kondisi listrik sedang hidup," jelas Bakri.

3. PLN Palembang pastikan pengerjaan dilakukan lebih cepat

PLN Palembang Lakukan Pemeliharaan, Listrik Bakal Padam Sekitar 3 JamDokumen/Imam Yahdi

Bakri tidak menampik jika pemeliharaan jaringan tidak bisa dilakukan secara PDKB, sehingga terpaksa berdampak dengan pemadaman listrik pelanggan. Ia mengklaim, pekerjaan pemeliharaan akan dilakukan oleh PLN secepat mungkin agar kenyamanan pelanggan tak terganggu.

"PLN akan mengerjakan secepat mungkin supaya segera menyala kembali, karena dagangan PLN adalah listrik. Kalau mati terlalu lama PLN juga tidak bisa jualan," tandas dia.

Baca Juga: Tagihan Listik Warga Palembang Membengkak, Ini Sebab dan Solusi PLN

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya