PHRI Sumsel: Ribuan Pekerja Restoran dan Hotel Tunggu Vaksinasi

Sebut semua sektor wisata di Palembang bebas COVID-19

Palembang, IDN Times - Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Sumatra Selatan (PHRI Sumsel), Herlan Aspiudin, berharap semua pegawai restoran dan hotel di Palembang menerima jatah vaksinasi COVID-19 dari pemerintah daerah.

"Sebagai pelayan publik yang selalu bertemu orang berbeda setiap hari, mereka cukup rentan terpapar virus. Tentu kami sangat berharap mereka bisa menerima vaksinasi tahap kedua ini. Sumsel khususnya Palembang ,ada ribuan pegawai restoran dan hotel menunggu vaksinasi," ujarnya, Selasa (23/2/2021).

1. Kunjungan wisatawan diyakini naik setelah vaksinasi COVID-19

PHRI Sumsel: Ribuan Pekerja Restoran dan Hotel Tunggu VaksinasiIlustrasi. Kandidat vaksin COVID-19. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Menurutnya, jatah vaksinasi COVID-19 bagi pekerja sektor wisata bisa menjadi perlindungan diri mereka. Jika semua pegawai dalam kondisi sehat, tentu turut memengaruhi peningkatan wisatawan yang masuk Sumsel.

"Mereka sehat, wisatawan juga yakin berkunjung ke hotel-hotel karena sudah terlindung vaksin. Bisa jadi kondisi ini membantu meningkatkan hunian hotel di Sumsel," kata dia.

Baca Juga: Masyarakat Palembang Tolak Vaksinasi COVID-19, Pemkot Terapkan Sanksi?

2. Sektor wisata membutuhkan vaksinasi COVID-19 untuk perlindungan diri

PHRI Sumsel: Ribuan Pekerja Restoran dan Hotel Tunggu VaksinasiIlustrasi seorang pasien COVID-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica

Herlan menyampaikan, tidak ada yang perlu diragukan dengan vaksinasi COVID-19. Ia meyakini vaksin telah diuji klinis dan sudah terbukti meningkatkan imun tubuh seseorang.

"Sektor kami (pariwisata) sangat bersentuhan langsung dengan publik dan konsumen. Karena kita tidak tahu mereka dari mana saja. Tentunya, kami sangat membutuhkan vaksin agar karyawan maupun konsumen dapat terlindungi," jelas dia.

3. Pendataan karyawan hotel dan restoran masih menunggu arahan pemerintah

PHRI Sumsel: Ribuan Pekerja Restoran dan Hotel Tunggu VaksinasiIlustrasi vaksinasi COVID-19 (Antara FOTO)

Kendati membutuhkan vaksinasi COVID-19 dengan segera, Herlan menyebut semua sektor wisata di Sumsel khususnya di Palembang sudah disiplin menerapkan protokol kesehatan, terutama di setiap hotel dan restoran yang sudah beroperasi kembali.

"Untuk pendataan masih menunggu arahan dari Pemerintah. Yang jelas kita siap dan masih menunggu arahan dari pemerintah. Sebab yang menjadi prioritas utama adalah lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun," timpalnya.

4. Dinkes Palembang mulai sosialisasi vaksinasi tahap dua

PHRI Sumsel: Ribuan Pekerja Restoran dan Hotel Tunggu VaksinasiPlt Kadinkes Palembang dr Fauziah (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Palembang, dr Fauziah menambahkan, vaksinasi bagi pekerja sektor wisata bakal dimulai awal Maret 2021. Sasaran prioritas yakni lansia di atas 60 tahun dan pelayanan publik.

"Pemkot sudah mulai melakukan sosialisasi vaksinasi tahap kedua. Saat ini, kita sedang melakukan pendataan yang nantinya dikirim ke Kementerian Kesehatan lewat Dinkes Provinsi, kemudian keluar data resmi melalui SMS yang diterima peserta," tandas dia.

Baca Juga: 158 Ribu Orang Palembang Terdata Terima Vaksinasi Tahap 2

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya