Comscore Tracker

Pemkot Palembang Tambah 1 Hektar TPU COVID-19 di Gandus

Lahan TPU sudah terisi hingga 70 persen

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menambah lahan seluas 1 hektar untuk pemakaman COVID-19 di TPU Gandus. Perluasan lahan seiring jumlah kasus kematian akibat COVID-19 terus bertamba.

"Jadi total lahan kita sekarang seluas 5 hektar," ujar Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Palembang, Affan Prapanca Mahali, Rabu (28/7/2021).

1. Lahan seluas 2 hektar sudah penuh

Pemkot Palembang Tambah 1 Hektar TPU COVID-19 di GandusIlustrasi Proses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 (IDN Times/Aldila Muharma-Fiqih Damarjati)

Sejauh ini lahan pemakaman di TPU Gandus Palembang sudah terisi 70 persen. Sehingga Pemkot inisiatif menambah kawasan pemakaman untuk mengantisipasi kasus yang melonjak.

"Saat ini lahan yang digunakan sudah lebih dari 2 hektar dan hampir penuh untuk total kawasan sebelumnya sekitar 4 hektar," kata dia.

Baca Juga: Bikin Minuman Herbal Gratis, Kirana Berbagi ke Pasien Isoman Palembang

2. TPU Gandus mulai penuh sejak Mei 2020

Pemkot Palembang Tambah 1 Hektar TPU COVID-19 di GandusIlustrasi pemakaman jenazah COVID-19 (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Affan menerangkan, TPU Gandus Palembang mulai penuh sejak Mei 2020. Sebab kasus kematian COVID-19 sejak tahun lalu dimakamkan di sana.

"Kalau sekarang aturan dikubur di TPU biasa sudah bisa," timpalnya.

3. Rata-rata jenazah di TPU Gandus Palembang merupakan jenazah permintaan rumah sakit

Pemkot Palembang Tambah 1 Hektar TPU COVID-19 di GandusIlustrasi. Proses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 (IDN Times/Aldila Muharma - Fiqih Damarjati)

Berdasarkan data yang tercatat di Dinas PRKP Palembang, rata-rata jenazah yang dimakamkan di TPU Gandus merupakan permintaan rumah sakit yang ada di wilayah Palembang. Meski ada juga permintaan dari keluarga korban.

"Tapi ada juga warga Palembang yang meninggal di luar kota dibawa ke sini. Apa pun kondisinya, kita tetap akan terima (jenazah)," kata dia.

4. Petugas gali kubur dibayar per lubang

Pemkot Palembang Tambah 1 Hektar TPU COVID-19 di GandusProses penjemputan jenazah dilakukan setelah keluarga menandatangani surat pernyataan (IDN Times Istimewa)

Dalam sehari, petugas TPU Gandus Palembang menggali makam jenazah COVID-19 berkisar 1-6 lubang. Biasanya untuk satu kali galian, ada empat orang petugas dan dua cadangan yang standby di lokasi.

"Jumlahnya yang dimakamkan fluktuatif. Untuk upah telah dibayarkan sesuai dengan jumlah lubang yang digali," tandasnya.

Baca Juga: PPKM Level 4 di Palembang Bakal Picu PHK dan Toko Ritel Bangkrut

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya