Palembang Target Perolehan Zakat Tahun 2022 Capai Rp1 Miliar

Sebanyak 300 mahasiswa pun ditunjuk menjadi duta zakat

Palembang, IDN Times - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Palembang menarget perolehan zakat tahun 2022 mencapai Rp1 miliar. Langkah untuk mencapai target itu dilakukan dengan menyiapkan 300 mahasiswa sebagai Duta Zakat.

"Duta zakat ditujukan untuk meningkatkan fund raising atau perolehan zakat dengan mekanisme jemput bola," ujar Ketua Baznas Palembang, Ridwan Nawawi, Kamis (24/3/2022).

1. Sebanyak 300 mahasiswa duta zakat disebar ke sejumlah tempat publik

Palembang Target Perolehan Zakat Tahun 2022 Capai Rp1 MiliarKantor Wali Kota Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Persiapan ratusan duta zakat di Palembang melibatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dari Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang dan Universitas Indo Global Mandiri (UIGM).

Sebanyak 300 duta akan disebar ke beberapa titik di Palembang. Mulai dari fasilitas publik, perkantoran, mal, pasar, hingga kelurahan-kelurahan secara door to door.

"Karena bulan Ramadan ini menjadi momen umat Islam untuk berlomba-lomba melakukan kebaikan, salah satunya zakat," kata dia.

Baca Juga: Kapolda Sumsel Jamin Pasokan Minyak Goreng Aman Saat Puasa

2. Capaian zakat di Palembang selama ini hanya Rp300 juta

Palembang Target Perolehan Zakat Tahun 2022 Capai Rp1 MiliarIlustrasi Bayar Zakat. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebelumnya, Ridwan menyebutkan bahwa pencapaian fund raising zakat di Palembang hanya mencapai Rp300 juta sebelum pandemik COVID-19 atau di masa awal pandemik terjadi.

"Harapannya dengan duta zakat bisa meningkatkan fund raising. Kalau zakat yang dibayarkan meningkat, tentu memudahkan kita membantu masyarakat kurang mampu," jelasnya.

3. Wawako Palembang imbau masyarakat jangan ragu salurkan zakat

Palembang Target Perolehan Zakat Tahun 2022 Capai Rp1 MiliarWakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang, Fitrianti Agustinda, mengimbau kepada masyarakat terutama untuk umat Muslim agar tidak ragu menyalurkan zakat.

"Program dari Baznas ini selalu menyentuh masyarakat, jadi jangan ragu untuk dibayarkan. Karena amanat diberikan adalah sebaik-baiknya mengelola dana zakat yang dibayarkan masyarakat," tandas dia.

Baca Juga: Gubernur Sumsel Setuju Warga Diizinkan Mudik Lebaran Tahun Ini

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya