Jembatan Ampera Palembang Dipasang Lift, Wisatawan Bisa Naik ke Menara

Menara ini dahulu sebagai ruang operator mengangkat jembatan

Palembang, IDN Times - Ikon kebanggaan warga Palembang, Jembatan Ampera, bakal memiliki tangga otomatis, atau lift yang akan membawa pengunjung dan wisatawan bisa menikmati pemandangan sudut kota dari atas bangunan berusia 60 tahun tersebut.

"Rencananya ada dua unit lift yang bakal dipasang di bagian tengah jembatan," ujar Satker PJN 3 PPK 3.6 Jembatan Khusus BBPJN Wilayah Sumsel, Dicky Romansyah, Selasa (8/11/2022).

Baca Juga: Mengenal Perahu Bidar, Tradisi Perayaan di Hari Ulang Tahun Palembang

1. Pengunjung bisa naik atap Jembatan Ampera

Jembatan Ampera Palembang Dipasang Lift, Wisatawan Bisa Naik ke MenaraJembatan Ampera Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Pemasangan lift di Jembatan Ampera merupakan program revitalisasi bangunan bersejarah di Bumi Sriwijaya, dengan tetap memberikan kesan gagah lewat penguatan struktur bawah jembatan, perbaikan beton dan pilar, serta penggantian struktur baja.

"Fasilitas lift ini akan mengantarkan pengunjung ke bagian atas jembatan, dulunya ruang operator untuk mengangkat bagian tengah jembatan," kata dia.

Total anggaran revitalisasi Jembatan Ampera mencapai Rp27 miliar. Satu lift ditarget mulai beroperasi pada akhir November 2022, dan lift kedua akan dipasang dan digunakan tahun depan.

"Proses perbaikan jembatan merupakan bagian dari hasil tes pengujian struktur yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu," jelasnya.

Baca Juga: Empat Masjid Tertua di Palembang, Ada yang Berusia 3 Abad Lebih

2. Anggaran awal yang dibutuhkan untuk pemasangan lift di Jembatan Ampera mencapai Rp3 miliar

Jembatan Ampera Palembang Dipasang Lift, Wisatawan Bisa Naik ke MenaraSatker PJN 3 PPK 3.6 Jembatan Khusus BBPJN Wilayah Sumsel, Dicky Romansyah

Satu lift di Jembatan Ampera bisa digunakan untuk kapasitas enam orang, sesuai pembenahan penguatan struktur penunjang lift. Dibutuhkan sekitar Rp3 miliar untuk menambahkan lift tersebut.

"Itu sudah termasuk perbaikan struktur jembatannya dan biaya evaluasi konsultan," kata Dicky.

3. Semua lift Jembatan Ampera ditarget selesai awal Desember 2022

Jembatan Ampera Palembang Dipasang Lift, Wisatawan Bisa Naik ke MenaraJembatan Ampera Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Revitalisasi Jembatan Ampera Palembang ternyata sudah dimulai sejak 1,5 bulan lalu secara bertahap. Anggaran perbaikan berasal dari tahun 2022 dan 2023.

"Nantinya, perbaikan Jembatan Ampera akan dilanjutkan pada tahun anggaran 2023. Mana yang belum dilakukan akan dilanjutkan tahun depan," timpalnya.

Perbaikan ruangan di atas Jembatan Ampera dimulai dengan pembersihan dan pembongkaran plafon serta pengecatan.

"Bagian baja ini kita ganti dengan struktur 345. Volumenya sekitar 4,5 ton dan sekarang sudah hampir selesai. Target keseluruhan selesai minggu pertama Desember mendatang," jelas dia.

Baca Juga: Viral! Pria Nikahi 2 Wanita Sekaligus di Muba, Kini Tinggal Seatap

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya