Herman Deru Disuntik Vaksin di Puskesmas Gandus Besok

Ada lima orang vaksinator yang menyuntikkan vaksin di sana

Palembang, IDN Times - Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Sumatra Selatan (Sumsel), Yusri mengatakan, Gubernur Herman Deru bakal disuntik vaksin sinovac di Puskesmas Gandus, Kamis (14/1/2021). 

"Sudah pasti Pak Gub, sudah kita konfirmasi lagi. Beliau divaksin jam 10 pagi," katanya, Rabu (13/1/2021).

1. Butuh waktu 10 menit setiap penyuntikan vaksin COVID-19

Herman Deru Disuntik Vaksin di Puskesmas Gandus BesokKepala Seksi Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan Sumatera Selatan (Sumsel) Yusri (IDN Times/Dokumen)

Setelah Gubernur Sumsel Herman Deru disuntik vaksin, ia belum diperbolehkan meninggalkan ruangan hingga 30 menit setelahnya. Hal itu merupakan bagian dari prosedur yang ditentukan untuk melihat apakah vaksin bekerja dengan baik dalam tubuh.

"Pertama Pak Gub selanjutnya yang lainnya. Vaksinatornya nanti ada beberapa orang bergantian. Satu kali penyuntikan waktunya sekitar 10 menit, nanti bergantian vaksinator untuk penerima vaksin lain," tegas dia.

Baca Juga: Daftar Rumah Sakit dan Puskesmas di Palembang Lakukan Vaksinasi 

2. Dinkes Palembang memohon maaf terkait lokasi vaksinasi

Herman Deru Disuntik Vaksin di Puskesmas Gandus BesokIlustrasi petugas medis yang menangani COVID-19 (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Plt Kabid Kesmas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang, dr Mirza Susanty menambahkan, sempat ada miskomunikasi soal lokasi vaksinasi beberapa waktu lalu. Pihaknya pun meminta maaf karena salah informasi dan sempat membuat publik kebingungan.

"Iya mohon maaf, karena ini harus benar-benar terkonfirmasi agar tidak ada masalah teknis," tambahnya.

3. Puskesmas Gandus siapkan lima vaksinator

Herman Deru Disuntik Vaksin di Puskesmas Gandus BesokSimulasi vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Gandus Palembang (IDN Times/Dokumen)

Kepala Puskemas Gandus, dr Amelia melanjutkan, pihaknya telah melakukan persiapan dengan maksimal dan sudah melaksanakan simulasi jelang vaksinasi COVID-19 tahap pertama.

"Persiapan sudah kita lakukan, mulai dari memasang tenda, melakukan simulasi untuk vaksinasi dan lain-lain," tutur dia.

Selain menyiapkan lokasi, Puskesmas Gandus menyiagakan vaksinator yang sudah terverifikasi. Lima orang tenaga kesehatan dijadwalkan melakukan vaksinasi COVID-19 secara bergantian kepada penerima.

"Puskesmas Gandus khusus tenaga kesehatan (nakes) siap divaksin sebanyak 64 orang. Nanti akan dibagi 3-4 hari. Untuk waktu vaksinasi dilakukan pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB," tandas dia.

Baca Juga: Puskesmas Gandus Palembang Jadi Lokasi Vaksinasi COVID-19 Tahap I 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya