Comscore Tracker

Hadapi Musim Hujan, Pemkot Palembang Klaim Atasi Genangan Sejak 2019

Pemkot menyebut sukses mengurangi titik genangan air

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mengklaim sudah mengatasi genangan air di sejumlah titik banjir sejak 2019 lalu. Pihaknya menyebut sukses membuat titik genangan air berkurang.

"Tahun 2019 genangan air ada 66 titik, terus ada penyusutan dari 66 jadi 33 titik. Berdasarkan laporan terakhir per Senin (18/1/2021) kemarin, genangan air tinggal 22 titik," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa, Selasa (19/1/2021).

1. Jalan Sapta Marga Palembang masuk kawasan genangan air tinggi

Hadapi Musim Hujan, Pemkot Palembang Klaim Atasi Genangan Sejak 2019Ilustrasi genangan air masuk rumah (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Berdasarkan hasil laporan titik genangan air yang mengalami penurunan, Pemkot Palembang telah berhasil menata saluran air atau drainase di wilayah setempat, meski curah hujan yang tinggi terus terjadi.

"Genangan air masih tersebar di antaranya di Jalan Sapta Marga, depan SMA Kumbang dan di Simpang Polda," kata dia.

Baca Juga: Jalan Nasional di Palembang Sering Banjir, 4,2 KM Drainase Diperlebar

2. Kerja sama Balai Jalan Nasional perbaiki kondisi jalan rusak

Hadapi Musim Hujan, Pemkot Palembang Klaim Atasi Genangan Sejak 2019Situasi aktivitas warga Palembang di pinggiran Sungai Musi bawah Jembatan Ampera (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain fokus penanganan genangan air, Pemkot Palembang juga berupaya memperbaiki banyak jalan rusak dengan bekerja sama Balai Jalan Nasional.

"Karena beberapa hari kemarin Palembang diguyur hujan tanpa henti, sehingga kita panggil pihak-pihak terkait," timpalnya.

3. Tingkatkan OPD atasi genangan air di Palembang

Hadapi Musim Hujan, Pemkot Palembang Klaim Atasi Genangan Sejak 2019Sekda Palembang, Ratu Dewa (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Langkah lain yang dilakukan Pemkot yakni mengawas dan memantau kawasan yang masih tergenang air secara intensif, hingga berpotensi menimbulkan genangan yang tak tertampung drainase.

"Masalah ini kita upayakan dengan meningkatkan koordinasi antar OPD. Sehingga dapat meminimalisir dampak yang merugikan atau membahayakan masyarakat saat musim hujan," tambah dia.

4. Klaim enam pompa air mampu tekan genangan air terjadi

Hadapi Musim Hujan, Pemkot Palembang Klaim Atasi Genangan Sejak 2019Ilustrasi genangan air (IDN Times/Dwi Agustiar)

Dewa melanjutkan, ada enam pompa besar yang bekerja menangani genangan air. Tiap satu pompa bisa menyedot air berkecepatan 6.000 liter per detik. Jika ada enam pompa difungsikan, maka kekuatannya mencapai 36.000 liter per detik.

"Apabila ada genangan air contohnya di Basuki Rahmat, maka pompa segera beroperasi. Pompa tersebut bisa menyedot air dengan debit yang banyak sehingga bisa mengurangi banjir di Palembang," tandas dia.

Baca Juga: Pemkot Palembang Antisipasi Banjir dan Angin Kencang di Musim Hujan

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya