Comscore Tracker

Gagal Tes CPNS 2019? Siap-siap, Kemendagri akan Buka Rekrutmen Lagi

Pembukaan formasi akan diumumkan bulan Mei 2020

Palembang, IDN Times - Kepala Kantor Regional (Kanreg) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional VII Palembang, Agus Sutiadi menyampaikan, sesuai arahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), akan ada lagu penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2020 ini.

"Akan kembali membuka pendaftaran tahun 2020, setelah semua proses penerimaan 2019 selesai secara administratif. Untuk yang belum bisa lolos di CPNS tahun 2019 bisa kembali mencoba," ujar dia, Rabu (26/2).

1. Kepastian pendaftaran CPNS 2020 masih menunggu instruksi dari pusat

Gagal Tes CPNS 2019? Siap-siap, Kemendagri akan Buka Rekrutmen LagiPeserta seleksi CPNS di Siantar (IDN Times/Gideon Aritonang)

Agus mengatakan, walau tes perekrutan CPNS pada Oktober 2020 mendatang sudah diinformasikan Kemendagri, namun pihaknya masih menunggu instruksi terkait pendaftaran langsung dari pusat.

"Secara keseluruhan memang CPNS 2019 belum rampung, tetapi tes CPNS ini bisa kami pastikan dibuka. Kami masih menunggu instruksi dari pusat, Oktober pasti se Indonesia," kata dia.

2. Kanreg BKD VII Palembang belum bisa pastikan jumlah formasi dan instansi yang dibuka

Gagal Tes CPNS 2019? Siap-siap, Kemendagri akan Buka Rekrutmen LagiIlustrasi pelaksanaan tes SKD CPNS Pemprov Jatim, Rabu (12/2). Humas BKD Jatim

Agus mengungkapkan, pihaknya juga belum mengetahui keseluruhan jumlah formasi dan instansi mana saja yang bakal dibuka untuk CPNS 2020. Namun, karena tenaga kesehatan, pendidikan dan penyuluh masih sangat dibutuhkan, maka formasi tersebut tetap ada.

"Kepastian formasi itu pengumumannya akan kita infokan bulan Mei, usai peserta tes CPNS 2019 menyelesaikan seleksi, serta menerima Nomor Identitas Pegawai (NIP). Kabarnya, pendidikan dan kesehatan sangat besar. Tetapi tidak menutup kemungkinan tenaga teknis dan kementerian juga ada rekrutmen CPNS," ungkap dia.

Baca Juga: Begini Cara Perhitungan Passing Grade SKD Tes CPNS agar Lulus SKB

3. Tes CPNS langsung dibuka kembali, dua minggu setelah CPNS 2019 yang lulus menerima NIP

Gagal Tes CPNS 2019? Siap-siap, Kemendagri akan Buka Rekrutmen LagiIlustrasi Peserta CPNS di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Saat ini, kata Agus, peserta tes CPNS 2019 telah memasuki ke fase akhir tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Kemudian pada 25 Maret hingga 10 April peserta akan mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

"Setelah SKB, penerimaan CPNS 2019 dan dua minggu selanjutnya pascadapat NIP, rekrutmen CPNS 2020 akan dibuka. Pemda setempat kami minta agar mempersiapkan anggaran untuk pelaksanaan tes," tandas dia.

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya