Angkutan Umum dengan AC Beroperasi di Palembang 1 Juli 2022, Gratis!

Kemenhub membantu 29 unit angkutan umum untuk Palembang

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menerima bantuan angkutan umum feeder dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Angkutan umum feeder sebagai fasilitas penghubung transportasi publik yang tidak melewati perlintasan rel Light Rail Transit (LRT). 

"Sebanyak 29 unit sudah kita terima. Kita akan siapkan sopir dan lainnya, baru dioperasikan," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Palembang, Afrizal, Jumat (10/6/2022).

1. Serah terima angkutan feeder LRT diberikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Angkutan Umum dengan AC Beroperasi di Palembang 1 Juli 2022, Gratis!IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan menyerahkan langsung bantuan angkutan umum feeder LRT kepada Pemkot Palembang, Sabtu (11/6/2022).

"Angkutan feeder baru efektif beroperasi 1 Juli, karena masih harus mempersiapkan kesiapan teknis lainnya," kata dia.

Baca Juga: Gubernur Sumsel Minta Pilar LRT Dimanfaatkan Sebagai Promo

2. Angkutan umum feeder LRT akan beroperasi di dua rute

Angkutan Umum dengan AC Beroperasi di Palembang 1 Juli 2022, Gratis!IDN Times/Galih Persiana

Angkutan umum feeder LRT akan beroperasi pada dua rute. Yakni Asrama Haji–Sematang Borang via Jalan Noerdin Panji dan Perumnas Talang Kelapa-Asrama Haji Talang Buruk via Kolonel H Burlian.

"Titik pemberhentiannya nanti disiapkan dulu di mana yang potensi ramai untuk mengangkut dan menurunkan penumpang," timpalnya.

3. Feeder LRT mampu membawa 10 orang termasuk sopir

Angkutan Umum dengan AC Beroperasi di Palembang 1 Juli 2022, Gratis!Situasi pinggiran Sungai Musi bawah Jembatan Ampera (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Fasilitas angkutan umum feeder LRT bakal dilengkapi dengan pendingin ruangan atau air conditioner (AC). Fasilitas ini dibuat agar para penumpang di angkutan umum bisa lebih nyaman dan aman.

"Angkot ini mengangkut sembilan penumpang atau 10 orang termasuk sopir," tambah dia.

Pemerintah masih menggratiskan angkutan umum feeder hingga akhir 2022. Namun, masyarakat tetap harus tapping kartu elektronik meski saldo tidak dipotong.

4. Feeder LRT diharapkan menjadi percontohan

Angkutan Umum dengan AC Beroperasi di Palembang 1 Juli 2022, Gratis!IDN Times/Vanny El Rahman

Operasional angkutan umum fedeer LRT sebagai upaya Kemenhub mengajak masyarakat kembali menggunakan transportasi umum, apalagi pemerintah sudah resmi mencanangkan program tersebut pada Februari 2022.

Sebelumnya, Menhub pun sudah mencoba langsung layanan angkutan umum yang sudah terintegrasi di Palembang. Ia berharap Palembang bisa menjadi percontohan Gerakan Nasional Kembali ke angkutan umum.

Baca Juga: Hore, Pelajar dan Mahasiswa Sumsel Diberi Harga Khusus Naik LRT

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya