Ada Larangan Mudik, Pemkot Ajak Warga Palembang Staycation

Mumpung banyak promo menarik, lho!

Palembang, IDN Times - Pemerintah pusat menetapkan larangan mudik lebaran mulai 6-17 Mei 2021. Dengan aturan tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mengajak warga melakukan staycation di sejumlah hotel.

"Aturan lebaran tidak boleh mudik, kita menghormati ketetapan pemerintah. Tapi kita ingin pariwisata daerah ada program lain. Misal ajak warga staycation di hotel Palembang," ujar Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Palembang, Isnaini Madani kepada IDN Times, Rabu (21/4/2021).

1. Geliat pariwsata di Palembang tetap berjalan meski ada larangan mudik

Ada Larangan Mudik, Pemkot Ajak Warga Palembang StaycationKadis Pariwisata Palembang, Isnaini Madani (IDN Times/Rangga Erfizal)

Tujuan Isnaini menggaungkan staycation, atau konsep berlibur dan menginap di hotel terdekat agar pariwisata di Palembang tetap menggeliat, walau tetap saja ada potensi penurunan minat jelang lebaran nanti.

"Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah," kata dia.

Baca Juga: Polda Sumsel Bikin 39 Pos Larangan Mudik di Perbatasan Mulai 6 Mei

2. Larangan mudik merupakan kebijakan yang telah dipertimbangkan

Ada Larangan Mudik, Pemkot Ajak Warga Palembang StaycationIlustrasi staycation di Hotel Novotel Palembang (Instagram)

Menanggapi aturan larangan mudik 2021, menurut Isnaini kebijakan itu sudah menjadi pilihan tepat. Apalagi hingga sekarang pandemik COVID-19 masih terjadi, termasuk bahaya penularan virus mutasi baru.

"Pemerintah ada pertimbangan beberapa faktor penting, soal keselataman utamanya. Meski sudah vaksin, prokes masih jadi poin penting. Karena vaksin tidak menjadikan virus mati, tapi bisa saja tubuh kita masih berpotensi menularkan," jelasnya.

3. Jamin staycation di hotel Palembang aman dengan sertifikat CHSE

Ada Larangan Mudik, Pemkot Ajak Warga Palembang StaycationIlustrasi karyawan menyemprotkan cairan disinfektan di kamar hotel. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Isnaini menjamin pelaksanaan program staycation di Palembang sudah terfasilitasi dengan aman dan nyaman. Sebab semua industri pariwisata di Palembang telah diwajibkan memiliki sertifikat CHSE (Clean, Health, Safety, and Environment).

"CHSE bertujuan untuk meningkatkan upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19. Ditambah kita juga menjalin komunikasi dengan pengelola terkait lewat WhatsApp grup untuk memantau agar tak lengah," kata dia.

Baca Juga: Bandara SMB II Palembang Tetap Beroperasi Meski Larangan Mudik

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya