Comscore Tracker

70 Hektare Lahan Terbakar, BPBD Sumsel Lakukan Ini Cegah Karhutla

Kebakaran di Pedamaran, Ogan Ilir, sudah mereda

Ogan Ilir, IDN Times - Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatra Selatan (Sumsel) mulai menyiapkan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) lanjutan. Giat itu dilakukan di Pedamaran Kabupaten Ogan Ilir (OI), pasca 70 hektare lahan hangus terbakar.

"Kebakaran lahan di Pedamaran sudah mereda, tinggal asap-asap tipis. Saat ini petugas darat dan empat helikopter bom air dikerahkan untuk proses pendinginan, untuk memastikan api tidak merambat. Karena lokasi kebakaran merupakan kawasan gambut," ujar Kepala BPBD Sumsel, Ansori, Sabtu (25/9/2021).

Baca Juga: Masuk Peralihan Musim Hujan, Sumsel Masih Dibayangi Karhutla

1. 800 lahan terbakar selama 2021

70 Hektare Lahan Terbakar, BPBD Sumsel Lakukan Ini Cegah KarhutlaIluatrasi Penanganan Karhutlah (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Menurut Ansori, lokasi kebakaran berada di kawasan konsesi perusahaan perkebunan belum terkelola dan kawasan itu memang terlantar,. Alhasil, sangat rentan terbakar dan biasanya kebakaran lahan memang terjadi di area tak terkelola.

Sekitar 800 hektare lahan yang terbakar di Sumsel sepanjang 2021, 400 hektare di antaranya terjadi di Kabupaten Ogan Ilir dan sebagian besar titik kebakaran berada di lahan diabaikan oleh pemiliknya.

"Karena itu, peran masyarakat sangat dibutuhkan dalam antisipasi karhutla dengan membentuk satuan tugas tingkat desa untuk memantau lokasi yang rentan terbakar," kata dia.

2. Tindak lanjut Pemprov Sumsel sinergi bersama Badan Pertahanan Nasional

70 Hektare Lahan Terbakar, BPBD Sumsel Lakukan Ini Cegah KarhutlaIlustrasi Penanganan Karhutlah (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Gubernur Sumsel, Herman Deru menyatakan, pihaknya akan mengerahkan tim untuk memeriksa penyebab kebakaran di Pedamaran termasuk melakukan tindakan lebih lanjut soal kebakaran di sana agar tidak kembali terulang. "Tindak lanjut dilakukan bersama BPN Sumsel," timpalnya.

Berdasarkan sinergi Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumsel, persoalan tidak jelas status lahan bisa menjadi salah satu pemicu kebakaran lahan. Maka itu, perlu upaya untuk menyelesaikan permasalahan lahan sengketa lewat program redistribusi tanah.

3. Godok regulasi lahan terlantar

70 Hektare Lahan Terbakar, BPBD Sumsel Lakukan Ini Cegah KarhutlaDok. BNPB

Ketua Tim Restorasi Gambut  Daerah (TRGD) Sumsel, Dharna Dahlan megatakan,Pemprov sedang menggodok regulasi terkait pengusahaan lahan terlantar. Itu untuk mencegah kebakaran lahan terus berulang lantaran pemanfaatan lahan tidak dikelola untuk kepentingan masyarakat.

"Yang juga bertujuan untuk memperlancar penerapan revegetasi (penanaman kembali) lahan gambut yang telah rusak," tandas dia.

Baca Juga: Warga Palembang Hirup Kabut Asap, BPBD: Karhutla OKI dan OI

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya