Comscore Tracker

Seorang Jurnalis di Palembang Positif COVID-19

ES kini menjalani isolasi di Rumah Sehat Wisma Atlet

Palembang, IDN Times - Seorang jurnalis Palembang berinisial ES (38) positif terjangkit COVID-19, setelah hasil swab pada 14 Mei lalu baru keluar. ES kini menjalani isolasi di Rumah Sehat Wisma Atlet Jakabaring Sport City (JSC).

Dari keterangannya kepada IDN Times, ES sempat menjalani rapid test pada 12 Mei lalu. Tapi hasilnya dinyatakan negatif. Lewat dua hari setelahnya, atau 14 Mei, ia menjalani swab test di RS Siti Fatimah Palembang.

"Saya diinfokan positif tadi malam, dan langsung menuju rumah sakit. Setelah itu kemudian dirujuk ke Wisma Atlet dengan ambulans," ungkapnya, Rabu (27/5).

1. Terpapar dari lingkungan keluarga

Seorang Jurnalis di Palembang Positif COVID-19(Ilustrasi virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Tak ada gejala sama sekali yang dirasakan ES. Dirinya mengaku terpapar dari lingkungan keluarga yang lebih dulu positif COVID-19. Kini ia masih harus menunggu swab test suami dan anaknya yang masih balita.

"Suami dan anak sudah di-swab tinggal menunggu hasilnya juga. Semoga hasil mereka berbeda dengan saya," ungkapnya.

Baca Juga: Hasil Tes Pasar Kebon Semai Sekip, 3 Orang Reaktif Rapid COVID-19

2. ES berharap tak ada lagi jurnalis yang terpapar COVID-19

Seorang Jurnalis di Palembang Positif COVID-19Pedagang Pasar Kebon Semai Sekip Palembang mengikuti swab test pasca meninggalnya satu rekan mereka suspect COVID-19. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

ES berharap tidak ada lagi jurnalis di Palembang, atau di Indonesia yang terpapar COVID-19. Ia mengingatkan rekan seprofesi agar mematuhi protokol kesehatan seperti mengenakan masker dan menjaga jarak, khususnya saat menjalani tugas peliputan.

"Namanya jurnalis kan sulit untuk tetap stay di rumah karena harus meliput di lapangan. Saya berharap agar teman-teman di lapangan tetap ikuti protokol kesehatan," katanya.

Ia mendorong pemerintah meningkatkan kapasitas uji sampel di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang, untuk mempercepat proses pemeriksaan dan hasil uji laboratorium.

"Hasil swab saya baru keluar 12 hari kemudian. Kalau lebih cepat diketahui, maka penyebaran bisa dapat dicegah. Semoga hal semacam ini menjadi perhatian pemerintah," katanya.

Baca Juga: COVID-19 Tersebar Merata di Sumsel, Ini Daftar Daerahnya

3. Gugus tugas tracing orang yang kontak dengan ES

Seorang Jurnalis di Palembang Positif COVID-19Jubir gugus tugas percepatan penanggulangan COVID-19 Sumsel, Yusri (IDN Times/Rangga Erfizal)

Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Sumsel, Yusri mengatakan, ES merupakan salah satu pasien yang terkonfirmasi positif. Bersangkutan saat ini sudah menjalani perawatan di Wisma Atlet Jakabaring.

Menurut Yusri, jurnalis yang sempat kontak dengannya diharapkan melapor. "Kita akan ambil swab bagi keluarga dan rekan kerja pasien ini. Termasuk jurnalis lain yang kontak selama 14 hari terakhir," katanya.

Menurut Yusri, jurnalis juga menjadi profesi yang rentan terpapar COVID-19 karena aktivitas yang mengharuskan aktif di lapangan. Yusri kembali mengingatkan agar selalu menggunakan masker, menjaga jarak, serta sering mencuci tangan saat menjalani tugas.

Baca Juga: Harnojoyo Evaluasi Pasar Pasca Pedagang Suspect COVID-19 Meninggal

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya