Keluarga Pelajar Indonesia yang Tewas di Jepang Tak Tinggal di Sumbar 

Ibu korban diketahui tinggal dan bekerja di Malaysia

Padang, IDN Times - Wali Nagari (Kepala Desa) III Koto Aur Malintang Selatan, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar), Era Jaya menyebutkan, pihaknya sudah mengetahui keberadaan keluarga Joshi Putri Cahayani, pelajar pendidikan bahasa Jepang di Gunma, Maebashi, Jepang, yang dikabarkan tewas dibunuh rekan prianya sendiri.

Menurut Era Jaya, pihak keluarga korban berada di Korong Lancang, Nagari Aur Malintang Selatan, Kabupaten Padang Pariaman. Pihaknya sedang mendatangi keluarga korban Joshi Putri Cahayani.

"Pihak keluarga korban diketahui berada di Korong Lancang," kata Era Jaya, Jumat (25/8/2023).

Baca Juga: Pelajar Padang Pariaman Jadi Korban Pembunuhan di Jepang 

1. Orangtua korban tak tinggal di kampung

Keluarga Pelajar Indonesia yang Tewas di Jepang Tak Tinggal di Sumbar Joshi Putri Cahyani dan Keiichiro Kajimura. Doc IDN Times

Era Jaya mengungkap, kedua orangtua dari Joshi Putri Cahayani selama ini tidak tinggal di kampung halaman melainkan di Negeri Jiran Malaysia. Sang ibu kata Era Jaya merupakan warga asli Korong Lancang dan ayahnya asal Tangerang.

"Jadi orangtuanya tidak di kampung. Merantau. Orangtuanya tinggal di Malaysia, karena di sini yang tinggal hanya sanak saudara dari ibunya," ujar Era Jaya.

Baca Juga: Gubernur Sumbar Diusir Mahasiswa UIN Bukittinggi Sembari Orasi

2. Tunggu kabar soal kepulangan jenazah

Keluarga Pelajar Indonesia yang Tewas di Jepang Tak Tinggal di Sumbar Ilustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Era Jaya menambahkan, lpihaknya dan keluarga korban masih menunggu informasi lebih lanjutt soal jenazah. Belum ada kabar rencana pemulangan dan rencana pemakaman.

"Belum ada informasi lanjutan bagaimana untuk jenazah. Kami konfirmasi dulu ke pihak keluarga. Kami akan mendatangi rumah sanak saudara ibunya," kata Era Jaya.

3. Terduga pelaku punya rekam jejak kriminal

Keluarga Pelajar Indonesia yang Tewas di Jepang Tak Tinggal di Sumbar Ilustrasi tahanan (IDN Times/Mardya Shakti)

Diketahui, kabar kematian Joshi Putri Cahayani disampaikan sahabatnya Rosalia Bratanegara melalui unggahan di akun Facebook Indonesian Community in Japan (ICJ), Selasa (23/8/2023). Menurut Rosalia, korban ditemukan meninggal di daerah Gunma, Maebashi..

Dari unggahan di laman ICH, Rosalia Bratanegara mengungkap jika terduga pelaku pembunuhan Joshi Putri Cahyani pernah memiliki catatan kriminal kasus pembunuhan pada 2017. Sebelum menghilang, Joshi dikabarkan sedang bersama dengan pelaku yang merupakan warga negara Jepang.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Pakai Baju Adat Sumbar di HUT ke-78 RI

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya