Comscore Tracker

4 Ribu Paket Rendang Siap Saji Dikirim ke Korban Erupsi Semeru

Rendang menjadi pesan jika warga Lumajang tidak sendiri

Padang, IDN Times - Bupati Dharmasraya, Sumatra Barat (Sumbar), Sutan Riska Tuanku Kerajaan, menyiapkan satu ton rendang siap saji untuk membantu para korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Menurut Sutan Riska, memasak secara massal satu ton rendang tersebut dilakukan pagi tadi di halaman IKM Centra Logam, melibatkan seluruh ASN, Dharmawanita Persatuan, dan TP PKK se-Kabupaten Dharmasraya.

“Pagi tadi proses masak rendang secara massal dilaksanakan,” kata Sutan Riska, Rabu (8/12/2021).

1. Kirim pesan jika warga lumajang tidak sendirian

4 Ribu Paket Rendang Siap Saji Dikirim ke Korban Erupsi SemeruKondisi tenda pengungsian korban erupsi Semeru di Sumberwuluh, Lumajang. IDN Times/Ulil Albab

Sutan Riska menjelaskan, bantuan logistik berupa satu ton rendang siap saji merupakan pesan jika warga Lumajang tidak sendiri, khususnya menghadapi musibah erupsi Gunung Semeru.

Meski warga Kabupaten Dharmasraya tidak hadir secara fisik membantu warga Lumajang, namun bantuan satu ton rendang itu menurutnya bisa meringankan beban para korban.

“Sebagai sesama sudah sepatutnya saling membantu. Inilah yang kemudian mampu merekatkan rasa persatuan dan kesatuan kita sesama warga negara,” sebutnya.

Baca Juga: 985 Personel Gabungan Dikerahkan Atasi Dampak Erupsi Gunung Semeru 

2. Turunkan tim gabungan BPBD

4 Ribu Paket Rendang Siap Saji Dikirim ke Korban Erupsi SemeruTim SAR gabungan menyusuri endapan material guguran awan panas Gunung Semeru ketika proses pencarian korban di Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini juga menyampaikan, dirinya secara Khusus sudah berkomunikasi dengan Bupati Lumajang untuk menyampaikan empati kepada warga Lumajang.

Menurut Sutan Riska, dirinya sudah berkordinasi dengan sejumlah Bupati untuk membicarakan segala sesuatu yang bisa meringankan penderitaan korban erupsi Gunung Semeru.

“Kami sepakat bergotong-royong untuk membantu rekan-rekan sejawat sesama Bupati di Jawa Timur dalam menghadapi cobaan ini. Kemungkinan bakal menurunkan tim gabungan BPBD dari kabupaten seluruh Indonesia untuk menanggulangi pasca bencana,” terangnya.

3. Setiap OPD memasak 30 kilogram rendang

4 Ribu Paket Rendang Siap Saji Dikirim ke Korban Erupsi SemeruMasak rendang massal di Kabupaten Dharmasraya. Doc.IDN Times

Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, Adlisman menyebutkan, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memasak minimal 30 kilogram daging sapi segar menjadi rendang siap saji.

“Dengan demikian, ada 4 ribu paket rendang siap santap yang akan dikirim ke lokasi-lokasi pengungsian. Kebutuhan daging disiapkan Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya. Ada beberapa ekor sapi,” tutupnya.

Baca Juga: Hari Keempat Pasca Erupsi Gunung Semeru, Warga Mulai Sesak Napas

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya