Comscore Tracker

Mengenal Tanaman Monstera Berdaun Unik, Ada yang Dijual Rp2 Juta

Perawatan mudah monstera sehingga banyak digandrungi

Monstera kini menjadi tanaman hias yang digemari oleh masyarakat. Tanaman ini bisa menembah nilai estetika saat mendekorasi ruangan. Bentuk daunnya yang unik mendorong banyak orang memelihara Monstera.

Beragam jenis Monstera pun banyak dijual, dari yang paling murah hingga mahal. Bahkan ada yang dijual seharga Rp2 juta per daun. Kenapa Monstera menjadi favorit banyak orang? Yuk, cari tahu ulasan lengkap di bawah ini.

1. Monstera memiliki daun yang unik

Mengenal Tanaman Monstera Berdaun Unik, Ada yang Dijual Rp2 JutaPexels/Huy Phan

Monstera menjadi tanaman tropis yang banyak tumbuh di wilayah Meksiko dan Guatemala, bentuk daunnya yang unik membuat tanaman ini menjadi primadona. Monstera memiliki daun lebar dengan garis yang besar.

“Semua kalangan pencinta bunga banyak yang suka dengan Monstera ini. Apa lagi bentuk daunnya unik, lama-lama dia akan membelah dan membuat lubang-lubang yang indah,” ujar Nunung, penjual tanaman hias di kota Palembang kepada IDN Times, Selasa (23/6).

Baca Juga: Rekomendasi 8 Jenis Kaktus Indoor, Mudah Dirawat dan Ada yang Berbunga

2. Perawatan monstera tidak rumit

Mengenal Tanaman Monstera Berdaun Unik, Ada yang Dijual Rp2 Jutainstagram.com/plants1990

Perawatan Monstera pun tidak sulit. Jika sebagian tanaman hias perlu dijemur agar mendapatkan cahaya, tapi tidak bagi Monstera. Tanaman ini hanya cukup dua kali dalam seminggu dikeluarkan dan disiram.

Menurut Nunung, agar Monstera berkembang banyak cukup mencacah batangnya untuk memperbanyak daun dengan vegetatif sederhana. Batang yang telah dicacah akan mengeluarkan akar gantung baru. 

“Perawatannya pun sangat mudah, tinggal dicacah agar berkembangan dan banyak. Kalau dari awal sudah sering ditempatkan di sinar langsung, dia bakal beradaptasi tidak masalah. Tetapi disarankan lebih maksimal ditaruh di tempat teduh," ujar dia.

3. Jenis monstera dan harganya

Mengenal Tanaman Monstera Berdaun Unik, Ada yang Dijual Rp2 JutaUnsplash.com/Brina Blum

Menurut Nunung, ada banyak jenis Monstera yang biasa ditemui di Indonesia. Seperti Monstera Deliciosa, Borsigiana, King, Constellation dan Marmorata. Semua itu merupakan monstera dengan jenis daun lebar. Harganya juga beragam, mulai dari yang paling murah senilai Rp75.000 hingga Rp2 juta.

“Sebenarnya banyak monstera lain. Ada jenis Obligua, Adansonii dan Karstenianum. Harga jual monstera ini per daun, kalau jenis Deliciosa Variegate satu lembar daun sekarang Rp500 ribu. Jenis Marmorata satu daun bisa sampai Rp2 juta,” jelas dia.

Baca Juga: Bikin Rumah Tambah Cantik, 5 Tanaman Liar Ini Bisa Dijadikan Bonsai 

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya