Tambang Minyak Ilegal di Muba Terbakar, 1 Orang Pemilik Sumur Tewas

Api berasal dari mesin sedot saat memindahkan minyak

Musi Banyuasin, IDN Times - Rentetan kasus kebakaran sumur minyak di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) belum usai. Baru saja sumur bor di Desa Keban Kecamatan Sanga Desa terbakar baru-baru ini, insiden kebakaran terjadi lagi di lokasi eks PT Pakrin Desa Pangkalan Bulian, Kecamatan Batang Hari Leko, Muba.

Peristiwa yang memakan korban jiwa tersebut terjadi pada Senin (12/6/2023) sekitar pukul 17.30 WIB. Sumur diketahui milik warga bernama Helmi dan Nosi. Keduanya warga Kelurahan Mangun Jaya, Kecamatan Babat Toman, Muba.

Baca Juga: Baru Sebulan Dibor, Sumur Minyak Ilegal di Muba Kembali Terbakar

1. Pemilik sumur memindahkan minyak ke tandon

Tambang Minyak Ilegal di Muba Terbakar, 1 Orang Pemilik Sumur TewasIlustrasi tambang minyak (IDN Times/Arief Rahmat)

Kasat Reskrim Polres Muba, AKP Morris Widhi Harto mengatakan, lokasi sumur yang terbakar berada di titik Koordinat -2.612099,+103.538930.

"Kronologis kejadian berdasarkan keterangan saksi-saksi pada saat itu, kedua orang pemilik sumur yaitu Helmi dan Nosi sedang memindahkan minyak dari kolam penampungan ke tandon dengan menggunakan mesin sedot," ujarnya, Rabu (24/6/2023).

Baca Juga: Sungai Rupit Muratara Tercemar Merkuri dari Tambang Emas Ilegal

2. Satu orang tewas dan luka bakar parah

Tambang Minyak Ilegal di Muba Terbakar, 1 Orang Pemilik Sumur Tewasfamilinia.com

Api muncul dari mesin sedot dan langsung menyambar lalu membakar sumur minyak milik mereka. Akibatnya, kedua pemilik sumur minyak tersebut menjadi korban.

"Seorang pemilik tambang atas nama Nosi meninggal dunia di tempat kejadian, sedangkan Helmi mengalami luka bakar 70 persen hingga harus dirawat di ruang ICU RSUD Sekayu," terangnya.

3. Polres Muba langsung amankan TKP dan selidiki para saksi

Tambang Minyak Ilegal di Muba Terbakar, 1 Orang Pemilik Sumur TewasIlustrasi TKP (IDN Times/Arief Rahmat)

Pasca mendapat informasi adanya kebakaran sumur minyak ilegal, personel Polsek Babat Toman dan Polsek Batang Hari Leko memeriksa TKP. 

"Saat ini masih dalam tahap penyelidikan. TKP kebakaran sudah dipasang Police Line, dan beberapa saksi sudah kita interogasi," tutupnya.

Baca Juga: Pemilik Sumur Minyak Tewaskan 2 Orang di Muba Tertangkap

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya