Pasca Bentrok Ustaz vs Preman, Polisi Berjaga di Ponpes MQ Muba

Bentrok dipicu fee katering unit usaha BUMdes

Musi Banyuasin, IDN Times - Pasca bentrok antara sekelompok orang seperti preman dengan ustaz Pondok Pesantren (Ponpes) Mamba'ul Qur'an, Desa Kaliberau, Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), pihak kepolisian akhirnya melakukan sejumlah langkah untuk mencegah peristiwa terulang.

Polsek Bayung Lencir langsung datang menjamin keselamatan para santri dan ustaz di ponpes tersebut. Ia kemudian meminta semua warga ponpes beraktivitas seperti belajar dan mengajar seperti biasa.

Baca Juga: Ustaz Ponpes di Muba Tak Bisa Mengajar Usai Diancam Preman

1. Kepolisian dibantu perangkat desa amankan ponpes

Pasca Bentrok Ustaz vs Preman, Polisi Berjaga di Ponpes MQ Muba(Anggota Polsek Bayung Lencir saat berjaga di Ponpes Mamba'ul Quran) IDN Times/Istimewa

Kanit Reskrim Polsek Bayung Lencir, Iptu Eko Purnomo mengatakan, pihaknya setiap hari datang ikut mengamankan lokasi. 

"Tidak hanya kita, dari perangkat desa juga ada di sana. Situasi dipastikan sudah kondusif. Kita menjamin keselamatan para santri dan ustaz untuk beraktivitas seperti biasa," ujarnya. 

Dia menegaskan tidak ada lagi pihak-pihak tanpa kepentingan wara-wiri di lingkungan ponpes, hanya pihak kepolisian dan perangkat desa.

"Para ustaz sudah berani masuk ke ponpes tanpa gangguan. Polisi dan aparatur desa memastikan ponpes aman," ungkapnya.

Baca Juga: Kejati Beberkan Dugaan Korupsi Uang Rp37 Miliar di KONI Sumsel

2. Ustaz terlibat penganiayaan sudah ditahan

Pasca Bentrok Ustaz vs Preman, Polisi Berjaga di Ponpes MQ Muba(Anggota Polsek Bayung Lencir saat berjaga di Ponpes Mamba'ul Quran) IDN Times/Istimewa

Terkait kasus penganiayaan, Eko membenarkan pihaknya sudah mengamankan Ustaz Wijayanto, pelaku pembacokan terhadap korbannya atas nama Pahrul. 

Eko menjelaskan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan para saksi termasuk ponpes, peristiwa yang terjadi adalah tindakan pengeroyokan.

"Dalam pengembangan penyelidikannya bahkan kita juga memanggil Ketua Ponpes, Azhari, karena yang bersangkutan berdasarkan keterangan termasuk dari Ustaz Wijayanto bahwa ikut memukul korban," jelas Eko.

3. Bentrok ustaz vs preman sempat membuat santri takut

Pasca Bentrok Ustaz vs Preman, Polisi Berjaga di Ponpes MQ MubaIlustrasi pemukulan (IDN Times/Mardya Shakti)

Bentrok antara para ustaz vs kawanan preman kampung membuat pondok pesantren di Desa Kaliberau Muba sempat mencekam. Para ustaz takut mengajar dan santri enggan pergi ke sekolah karena merasa terancam.

Insiden bermula lantaran dipicu fee katering unit usaha BUMdes, hingga mengakibatkan seorang preman kampung terluka, dua orang ustaz Ponpes Mamba’ul Qur’an masuk rumah sakit dan penjara.

Baca Juga: Polisi Kembali Segel Sumur Minyak dan Tempat Penyulingan di Keluang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya