Vaksin Sinovac Tiba di Palembang, 7 Daerah Mendapat Vaksin Awal

Palembang mendapat vaksin terbanyak di tahap pertama

Palembang, IDN Times - Iring-iringan kendaraan pengangkut Vaksin Sinovac berjejer keluar dari exit tol Keramasan, Palembang, Senin (4/1/2020) sekitar pukul 06.00 WIB. Mobil pengangkut vaksin tersebut dibawa langsung dari Bandung, dikawal ketat tim dari Brimob Polda Jawa Barat (Jabar).

Sekitar 30.000 vaksin COVID-19 untuk vaksinasi tahap pertama ini tersusun di dalam 16 kotak, kemudian disimpan di gudang vaksin milik Dinas Kesehatan Sumatra Selatan (Dinkes Sumsel).

"Pagi ini vaksin tahap pertama sudah masuk sebanyak 30 ribu dosis. kita akan langsung melakukan distribusi ke tujuh kabupaten dan kota," ungkap Kepala Dinkes Sumsel, Lesty Nuraini kepada awak media, Senin (4/1/2021).

1. Ada tujuh wilayah akan disalurkan vaksin

Vaksin Sinovac Tiba di Palembang, 7 Daerah Mendapat Vaksin AwalDistribusi vaksin sinovac di Sumsel (IDN Times/Rangga Erfizal)

Menurut Lesty, vaksin yang datang akan langsung diambil oleh perwakilan dari tujuh daerah. Yakni Palembang, Ogan Ilir (OI), Ogan Komering Ilir (OKI), Musi Banyuasin (Muba), Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Prabumulih dan Banyuasin.

Ketujuh daerah yang mendapat penyaluran tahap pertama ini sesuai dengan sasaran yang ditentukan melalui data tenaga medis.

"Setiap kabupaten dan kota nantinya akan langsung membawa dan menyimpan vaksin sesuai kuota yang telah ditentukan. Kabupaten maupun kota yang akan menerima vaksin sudah siapkan prasarana," ungkap dia.

Baca Juga: PDAM Tirta Musi Palembang Menarget Kenaikan Distribusi Air Tahun 2021

2. Sumsel ajukan 58.400 dosis untuk tenaga kesehatan

Vaksin Sinovac Tiba di Palembang, 7 Daerah Mendapat Vaksin AwalPenyaluran vaksin sinovac tahap pertama di Sumatra Selatan (IDN Times/Rangga Erfizal)

Lesty menambahkan, pihaknya telah mengajukan sekitar 58.840 sumber daya manusia kesehatan (SDMK) di seluruh Sumsel untuk mendapat vaksin pertama. Hanya saja, pemerintah pusat baru memberikan 30.000 dosis.

"Sisanya akan diberikan di tahap kedua, namun jumlahnya belum final. Masih bisa bertambah tergantung pendataan," jelas dia.

Dinkes Sumsel pun meminta untuk setiap Dinkes di seluruh daerah mempersiapkan prasarana agar saat vaksin dibawa tidak mengalami kerusakan.

"Saya harap vaksin dijaga dengan baik kalau sudah didistribusikan, jaga vaksin dengan baik, simpan di suhu 2 sampai 8 derajat selsius. Sehingga saat hari H vaksinasi dapat dilakukan dengan aman," jelas dia.

3. Tahap pertama diutamakan tenaga medis

Vaksin Sinovac Tiba di Palembang, 7 Daerah Mendapat Vaksin AwalPengawalan ketat distribusi vaksin (IDN Times/Rangga Erfizal)

Bagi tenaga medis yang telah didata dan mendapat SMS, diminta untuk segera mengakses tautan dan mengisi formulir biodata serta riwayat penyakit. Dengan begitu, data tersebut akan berguna untuk daftar penyaluran vaksin.

"Dari sana nanti, sasaran vaksin dapat memilih tempat atau fasilitas kesehatan sesuai dengan pilihannya," jelas dia.

4. Berikut jumlah dosis yang didistribusikan

Vaksin Sinovac Tiba di Palembang, 7 Daerah Mendapat Vaksin AwalPenyaluran vaksin sinovac tahap pertama di Sumatra Selatan (IDN Times/Rangga Erfizal)

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi dari Dinkes Sumsel, Yusri menjelaskan, penyaluran vaksin tahap pertama terbanyak berada di Kota Palembang hingga mencapai 19.080 dosis, lalu OKI 3.328 dosis.

Sedangkan Muba mendapat 3.228 dosis, diikuti Banyuasin 2.853 dosis, OI 2.328 dosis, PALI 1.328 dosis, dan Prabumulih mencapai 2.816 dosis.

"Vaksin tahap kedua kita tunggu dua hari ke depan dari instruksi pusat. Paling lama Kamis sudah ada kejelasan," tutup dia.

Baca Juga: Kecamatan Ilir Barat I Terbanyak Kasus COVID-19 di Palembang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya