Comscore Tracker

Sosok Akidi Tio Dikenal Misterius, Ini Pengakuan Tetangganya

Ketua RT dan Komunitas Tionghoa juga tak mengenal Akidi Tio

Palembang, IDN Times - Nama mendiang Akidi Tio menjadi perbincangan banyak orang beberapa hari terakhir. Pengusaha asal Langkat, Aceh Timur yang tinggal di Palembang, menyumbang Rp2 triliun untuk penanganan COVID-19 di Sumatra Selatan (Sumsel).

Ternyata, tak banyak yang mengenal sosok Akidi Tio di kawasan Ilir Timur I Palembang, tempat kediaman anak bungsunya Heriyanti saat ini. Saat masih hidup, Akidi Tio menetap di sana hingga wafat pada 2009 lalu. 

Satpam komplek setempat yang telah bekerja sejak 1980 silam mengatakan, dirinya tidak mengenal orangtua Heriyanti atau Rudi Sutardi. Hanya saja, mereka mengetahui jika Akidi Tio dulunya tinggal tepat di sebelah rumah anaknya.

"Tidak tahu jelas bagaimana sosoknya, memang keluarganya terkenal sebagai pengusaha sawit, punya kebun di luar kota," ungkap beberapa orang satpam komplek kepada IDN Times, Rabu (28/7/2021). 

1. Warga hanya mengenal menantu Akidi Tio

Sosok Akidi Tio Dikenal Misterius, Ini Pengakuan TetangganyaRudi Sutadi menantu anak Akidi Tio (IDN Times/Rangga Erfizal)

Tetangga mendiang juga tak banyak yang mengenal sosok Akidi Tio. Dari beberapa tetangga yang coba diwawancarai IDN Times mengaku, hanya pernah mendengar nama tersebut. Namun mereka tidak mengenal yang bersangkutan secara personal.

Beberapa warga setempat hanya mengenal menantu mendiang, Rudi Sutardi, yang dikenal cukup terbuka dengan masyarakat sekitar.

"Saya kurang tahu dengan Pak Akidi Tio. Kalau menantunya saya kenal. Saya juga kaget saat dengar ada warga yang menyumbang hingga Rp2 triliun," ungkap Ketua RT bernama H Fauzi. 

Baca Juga: Ternyata Akidi Tio Sudah Siapkan Uang Rp2 Triliun Sejak 12 Tahun Lalu

2. Persatuan Masyarakat Tionghoa Palembang juga menganggap Akidi misterius

Sosok Akidi Tio Dikenal Misterius, Ini Pengakuan TetangganyaBantuan untuk Sumsel dari keluarga Almarhum Akidi Tio sebesar Rp2 Triliun (IDN Times/Polda Sumsel)

IDN Times juga sempat bertanya dengan Ketua Persatuan Masyarakat Tionghoa Palembang, Cik Harun. Dia juga mengaku tak mengenal sosok Akidi Tio secara personal. Namun bagi Cik Harun, kebaikan mendiang patut diapresiasi lantaran ikut bergotong royong di masa sulit seperti sekarang.

"Memang di dalam ajaran Budha, karma itu berlaku. Apa yang kamu tanam itulah yang kamu tuai. Semua agama mengajarkan kebaikan seperti itu," singkatnya.

Baca Juga: Sosok Mendiang Akidi Tio; Pengusaha Sawit dan Kontraktor Dermawan

3. Keluarga Akidi Tio dikenal ramah namun tertutup

Sosok Akidi Tio Dikenal Misterius, Ini Pengakuan TetangganyaBantuan untuk Sumsel dari keluarga Almarhum Akidi Tio sebesar Rp2 Triliun (IDN Times/Polda Sumsel)

Rudi Sutardi, menantu Akidi Tio kepada IDN Times beujar, mertuanya kerap membantu masyarakat yang membutuhkan. Tapi mendiang Akidi enggan namanya dikaitkan dan memilih tidak mengumbar saat membantu orang lain.

"Memang sejak dulu Balak suka memberi bantuan, terutama kepada mereka yang membutuhkan di Palembang," ungkap Rudi saat berbicara dari balik pagar rumahnya. 

IDN Times sengaja datang ke rumah keluarga Akidi Tio sejak pukul 11.00 WIB. Saat itu l, Rudi beserta istri dan anaknya sedang menjalani vaksinasi. Barulah sekitar pukul 13.42 WIB, Rudi beserta keluarganya tiba mereka menggunakan taksi online.

Rudi mengatakan, pihak keluarga mendiang Akidi Tio menyerahkan seluruh proses pengurusan uang bantuan kepada Prof Hardi, Direktur RS Charitas Palembang yang menjadi dokter keluarga Akidi Tio sejak puluhan tahun lalu.

Termasuk kepada Kapolda Sumsel, Irjen Pol Eko Indra Heri, yang telah mengenal Akidi Tio secara personal sejak ia bertugas di Aceh.

"Soal detailnya bisa ke Pak Hardi atau Pak Eko," jelas dia.

4. Akidi tidak mau mengumbar kebaikan

Sosok Akidi Tio Dikenal Misterius, Ini Pengakuan TetangganyaRudi Sutadi menantu anak Akidi Tio (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sang menantu juga mengungkap jika mertuanya sering menyalurkan bantuan ke panti-panti jompo. Namun semua itu tidak pernah dipublikasi, karena Akidi berkeyakinan bantuan tersebut tak perlu diketahui orang lain.

"Itu ajaran hidup Bapak. Selama hidup, ia rutin membantu ke panti jompo ataupun orang-orang kesulitan," jelas dia.

Baca Juga: Pakar Hukum Unsri Sebut Dana Hibah Pengusaha Akidi Tio Harus Lewat KPK

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya