Comscore Tracker

Pemprov Sumsel Bikin Destinasi Wisata Baru di Pulau Kemarau

Sejumlah wahana dibangun seperti permainan dan olahraga air

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mengaku serius untuk membangun wisata air baru di Pulau Kemaro. Sejumlah wahana akan dibangun, seperti permainan dan olahraga air, pantai buatan, hingga tempat permainan anak dalam sebuah grand design pembangunan.

Rencana ini disambut Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Herman Deru. Menurutnya, rencana pembangunan menjadi langkah awal yang baik untuk mengatasi kehausan Palembang akan destinasi wisata.

"Saya harap semua pihak terlibat dalam pembangunannya. Sumsel khususnya Palembang kita akui haus akan wisata. Beberapa destinasi di kabupaten didukung alamnya namun infrastrukturnya kurang. Palembang sudah didukung sarana, tinggal kita pikirkan destinasinya. Ini perlu dipercepat," ungkap Deru, Senin (19/4/2021).

1. Deru ingin wisata Pulau Kemaro terintegrasi

Pemprov Sumsel Bikin Destinasi Wisata Baru di Pulau KemarauBungalow Pulau Kemarau (IDN Times/Rangga Erfizal)

Deru menjelaskan, pPemprov Sumsel siap membantu menyukseskan keinginan Pemkot Palembang tersebut. Menurutnya, keinginan yang baik harus terwujud dalam waktu dekat. Bahkan Pemprov Sumsel mengajak Bank Sumsel Babel (BSB) untuk membangun sarana awal sebagai titik kumpul destinasi wisata.

"Tinggal kita mengintegrasikan dengan destinasi lain yang ada di pulau ini, seperti pagoda dan kampung air yang sudah ada di Pulau Kemaro," jelas dia.

Baca Juga: Walhi Sumsel Protes Rencana Pembangunan di Pulau Kemaro

2. Gubernur ingin ada trail motor untuk jelajah pulau

Pemprov Sumsel Bikin Destinasi Wisata Baru di Pulau KemarauDestinasi Pulau kemaro (IDN Times/Rangga Erfizal)

Menurut Deru, Pulau Kemaro memiliki luas saat surut hingga 90 hektare (ha). Sedangkan saat pasang bisa menyusut 83 ha. Pemprov Sumsel siap memfasilitasi destinasi baru ini untuk menjadi kebanggaan Sumsel.

"Walkot Palembang sebelumnya sudah membangun bungalow, nah di zaman pak Harnojoyo ini bisa lebih dimanfaatkan. Kalau bisa ada motor trail untuk jelajah pulau," jelas dia.

3. Pemkot Palembang bakal jajaki investor

Pemprov Sumsel Bikin Destinasi Wisata Baru di Pulau KemarauKawasan Pulau Kemaro (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sementara itu Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo mengungkapkan, pihaknya akan membuka tawaran kepada para investor untuk mewujudkan destinasi wisata di Pulau Kemaro. Menurutnya lagi, destinasi wisata ini akan diwujudkan di 30 ha lahan milik Pemkot Palembang.

"Target kita secepatnya sudah terlaksana dalam waktu dekat," ujar dia.

Baca Juga: Palembang Bikin Akses Jalur Darat ke Pulau Kemaro

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya