Pemerintah Pusat Kucurkan Dana Rp60 Miliar Perbaiki Jalan di OKI

Pemkab OKI anggarkan 10 persen APBD untuk perbaikan jalan

Ogan Komering Ilir, IDN Times - Kerusakan parah di beberapa ruas jalan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) akhirnya akan diperbaiki melalui dana pemerintah pusat. Bantuan sebesar Rp60 miliar dari Dana Intruksi Presiden (Inpres) akan disalurkan untuk perbaikan jalan di kawasan Talang Jaya-Cengal.

Perbaikan jalan tersebut diklaim merupakan usulan Pemkab OKI ke pusat untuk bantuan perbaikan. Pemerintah pusat melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBJN) Wilayah Sumatra memeriksa detail kerusakan jalan.

"Sudah diusulkan sejak tahun lalu dan saat ini tahap verifikasi oleh BBJN wilayah Sumsel serta Satuan Kerja (Satker) Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) OKI, Man Winardi, Selasa (16/5/2023).

Baca Juga: Gubernur Sumsel Sebut 5 Pihak Bertanggung Jawab dengan Kualitas Jalan

1. Pemkab OKI kekurangan dana untuk infrastruktur

Pemerintah Pusat Kucurkan Dana Rp60 Miliar Perbaiki Jalan di OKIPotret jalan rusak di Mesuji OKI (Instagram :@Oki_Okut_info)

Man Winardi menerangkan, Kabupaten OKI merupakan wilayah dengan ruas jalan terbanyak di Sumsel dengan total 188 ruas. Pihaknya mencatat ada sekitar 2.037,106 kilometer (KM) jalan di seluruh OKI.

"Kita memang memiliki keterbatasan anggaran. Dengan wilayah yang termasuk kabupaten terluas di Sumatra, dari segi pembiayaan masih mengalami keterbatasan," beber dia.

Baca Juga: Gubernur Sumsel Klaim Keluarkan Uang Triliunan Perbaiki Jalan Rusak

2. Alokasi perbaikan jalan hanya 10 persen APBD

Pemerintah Pusat Kucurkan Dana Rp60 Miliar Perbaiki Jalan di OKIPotret jalan rusak di Kecamatan Cengal Ogan Komeringilir.info) OKI (Dok:

Winardi menambahkan, OKI hanya mampu menganggarkan sekitar 10 persen dana APBD untuk perbaikan jalan di Bumi Bende Suguguk. Pemkab OKI hanya bisa berharap bantuan dari APBD Provinsi Sumsel atau APBN.

"Saat ini sedang tahap verifikasi oleh P2JN. Mudah-mudahan kerusakan jalan di Talang Jaya-Cengal tuntas tahun ini," beber dia.

3. Perbaikan jalan rusak dilakukan bertahap

Pemerintah Pusat Kucurkan Dana Rp60 Miliar Perbaiki Jalan di OKIIlustrasi Infrastruktur Jalan Kota (IDN Times/Arief Rahmat)

Dirinya menambahkan, ruas Talang Jaya-Cengal mencapai 18 km. Terdapat 8,2 km jalan dalam kondisi baik dengan cor beton, lalu 5,8 km kondisi rusak ringan, dan 4 km rusak berat.

Sedangkan kawasan Cengal-Sungai Jeruju menurutnya juga dilakukan perbaikan melalui kegiatan penyangga jalan dan jembatan wilayah IV.

"Untuk ruas Cengal-Sungai Jeruju sedang dalam tahap evaluasi lelang pengadaan di LPSE Kabupaten OKI. Penanganan dilakukan secara bertahap khususnya pada titik-titik parah seperti di Dusun Tanah Lengket, mengingat panjang ruas jalan ini mencapai 32 km," tutup dia.

Baca Juga: Sering Dikeluhkan Pengendara, Herman Deru Cek Tol Kayuagung-Palembang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya