Comscore Tracker

Pejabat Kesbangpol Sumsel Ditunjuk Sebagai Plh Bupati Muara Enim

Pemimpin Muara Enim sempat kosong karena kasus korupsi

Palembang, IDN Times - Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Herman Deru, melantik Pelaksana harian (Plh) Bupati Muara Enim menggantikan Pelaksana Tugas (Plt) Nasrun Umar. Pengganti Nasrun merupakan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sumsel, Kurniawan AP.

Nasrun diketahui telah menjabat sebagai Plt Bupati Muara Enim sejak Februari 2021 lalu dan berakhir pada 11 Mei 2022 kemarin.

"Pejabat lama habis maka kita ganti, sehingga tidak ada kekosongan pemerintah di Muara Enim. Saya yakin Kurniawan punya bekal untuk memimpin Kabupaten Muara Enim," kata Deru, Kamis (12/5/2022).

1. Penunjukan Kurniawan sudah sesuai arahan

Pejabat Kesbangpol Sumsel Ditunjuk Sebagai Plh Bupati Muara EnimGubernur Sumsel Herman Deru melantik Plh Bupati Muara Enim Kurniawan (Dok: Pemprov Sumsel)

Menurut Deru, penetapan Kurniawan sudah sesuai syarat administrasi penunjukan Plh kepala daerah. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri RI) untuk proses penunjukan Plh kepala daerah.

"Sejak hari ini sesuai dengan SK penunjukan, saya memberi jabatan Plh Bupati Muara Enim kepada Kurniawan. Dan ini sudah sesuai syarat administratif," beber dia.

Baca Juga: Pertama di Indonesia, Kekosongan Kekuasaan di Muara Enim

2. Alasan penunjukan Plh Bupati

Pejabat Kesbangpol Sumsel Ditunjuk Sebagai Plh Bupati Muara EnimGubernur Sumsel Herman Deru memantau kesiapan sekolah tatap muka di SMK N 2 Palembang (IDN Times/Dokumen Humas Prov Sumsel)

Menurut Deru, Kurniawan adalah putra daerah setempat. Penunjukannya diharapkan bisa memegang kendali Muara Enim karena lebih memahami kondisi dan karakter maupun budaya masyarakatnya.

"Sebagai Plh Bupati yang punya darah keturunan Muara Enim, saya yakin Kurniawan bisa beradaptasi dengan keadaan di sana," jelas Deru.

Selain itu, kompetensi Kurniawan yang malang melintang dalam roda pemerintahan turut menjadi pertimbangan. Kurniawan memulai karier dan memegang jabatan publik seperti Lurah, Sekcam, Camat, hingga beberapa kali menjabat sebagai kepala dinas di Kota Palembang dan Provinsi Sumsel. Terakhir dirinya sempat menjabat Sekda Kota Palembang.

"Apa yang pernah dirasakan menjadi pemimpin dalam setiap tahapan dan karier menjadi bekal, jangan menjadi pemimpin arogan. Jangan merasa diri hebat karena ditunjuk sebagai pemimpin, karena akan menjadi penilaian sendiri bagi saya," jelas dia.

Baca Juga: Sekda Sumsel Nasrun Umar Ditunjuk Pimpin ASN di Muara Enim

3. Kurniawan diminta tidak berpolitik

Pejabat Kesbangpol Sumsel Ditunjuk Sebagai Plh Bupati Muara EnimSeketaris Daerah, Provinsi Sumatera Selatan (IDN Times/Rangga Erfizal)

Dirinya mengingatkan kepada Kurniawan agar tidak ikut berpolitik ketika ditunjuk menjadi Plh Bupati. Dirinya pun meminta yang bersangkutan tidak tebar pesona dengan ikut-ikutan memasang baliho.

"Jadi berhenti memasang gambar dan tebar pesona. Ketika itu tertanam dan terjangkit dengan penyakit itu, sebagai pejabat karier yang berpolitik maka saat itu bisa merusak birokrasi," tegas Deru.

4. Kurniawan langsung berangkat ke Muara Enim

Pejabat Kesbangpol Sumsel Ditunjuk Sebagai Plh Bupati Muara EnimIlustrasi ASN (ANTARA FOTO/Teguh Prihatna)

Kurniawan sendiri mengatakan dirinya segera berkoordinasi untuk memastikan roda pemerintahan tetap berjalan. Dirinya menilai, akan segera berangkat ke Muara Enim untuk menjalankan agenda pemerintahan.

"Kami punya agenda, konsolidasi dengan Forkopimda dan bertemu teman ASN. Intinya tadi disampaikan pelaksanaan ini bagian dari tim dan tidak bisa melaksanakan sendiri," tutup dia.

Baca Juga: 10 Anggota DPRD Muara Enim Penerima Suap Dipindah ke Palembang

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya