Kemendikbud Dorong Poltekpar Palembang Berinovasi Ciptakan SDM Unggul 

Perubahan pola pariwisata butuh inovasi kurikulum pendidikan

Palembang, IDN Times - Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud-Ristek, Wikan Sakarinto, mengharapkan pendidikan vokasi di seluruh Politeknik Pariwisata milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyesuaikan diri pasca pandemik COVID-19.

"Pariwisata itu cepat terkena dampak dari situasi pandemik dan paling terakhir pulih. Tetapi itu bisa diantisipasi, apa pun bidangnya harus segera melakukan perubahan. Tak bisa menggunakan standar sebelum pandemik," ungkap Wikan Sakarinto saat acara Dies Natalis ke-6 Poltekpar Palembang, Rabu (27/4/2022) malam.

1. Orang lebih suka staycation setelah pandemik

Kemendikbud Dorong Poltekpar Palembang Berinovasi Ciptakan SDM Unggul Dies natalis Poltekpar Pariwisata Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Witan menilai, perubahan pola pariwisata harus dimulai dari SDM yang ada. Politeknik Pariwisata Palembang memiliki peran penting untuk mendukung agar proses transisi ke gaya pariwisata normal baru bisa terlaksana.

"Setelah pandemik, dinamika pariwisata pasti berubah. Karakter turis berubah. Tadinya suka kerumunan, sekarang private. Lebih suka staycation," tutur dia.

Baca Juga: Poltekpar Palembang dan UPH Perpanjang Kerja Sama Pendidikan

2. SDM pariwisata memerlukan kompetensi baru

Kemendikbud Dorong Poltekpar Palembang Berinovasi Ciptakan SDM Unggul Ilustrasi pariwisata (IDN Times/Arief Rahmat)

Perubahan kurikulum pendidikan Politeknik Pariwisata tidak hanya bertujuan untuk menyesuaikan kebutuhan pariwisata. Menurutnya, sistem pendidikan Link and Match dengan menggali kompetensi yang dibutuhkan pasar kerja sangat penting.

"Jika pola turis tidak ditanggapi dengan perubahan kurikulum, kan lucu. Kita menawarkan seluruh Poltekpar berinovasi dalam kurikulum," jelas dia.

Wikan menambahkan, Hard Skill harus turut dikembangkan berbarengan dengan memastikan soft skill, leadership, pengembangan karakter, dan entrepreneur, sebagai kesatuan di kurikulum agar para SDM pariwisata tidak hanya diciptakan sebagai pekerja.

"Kelas itu harus dibuat seperti industri sesungguhnya. Kampus pariwisata harus berbentuk hotel, jadi mereka bisa praktik langsung. Dunia nyata dan kelas berbeda. Ilmu soft skill itu harus dipraktikkan," tutur dia.

Baca Juga: Tingkatkan Sistem Pendidikan, Poltekpar Palembang Harus Terapkan Ini

3. Poltekpar Palembang berinovasi sebagai bentuk adaptasi

Kemendikbud Dorong Poltekpar Palembang Berinovasi Ciptakan SDM Unggul Direktur Polrekpar Palembang, Zulkifli Harahap (IDN Times/Rangga Erfizal)

Direktur Poltekpar Palembang, Zulkifli Harahap, mengatakan inovasi dalam pariwisata adalah hal mutlak. Pihaknya telah menyusun skema terbaru untuk kurikulum pariwisata dengan mengusung 'Inovasi untuk Pariwisata Indonesia'.

"Soal kurikulum baru, kami sedang membahas dengan senat. Membangun pariwisata adalah hal mutlak bagi mahasiswa. Inovasi perlu dilakukan karena institusi juga menciptakan tenaga pendidik yang akan memberi bekal kepada mahasiswa," tutur dia.

Zulkifli menilai, apa yang mereka lakukan sudah sejalan dengan keinginan Poltekpar Palembang. Pihaknya meyakini akan benar-benar membentuk soft skill lewat learning by doing.

"Harapannya learning procces dan perubahan pariwisata setelah pandemik inilah yang akan kita lakukan untuk menyiapkan generasi masa depan yang siap beradaptasi," tutup dia.

Baca Juga: Puluhan Dosen dan Pegawai Poltekpar Palembang Jalani Vaksinasi

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya