Comscore Tracker

KAI Setop Kereta Api Sindang Marga Jalur Palembang-Linggau

Masih tersisa Rajabasa dan Bukit Selero yang beroperasi

Palembang, IDN Times - Dampak pengetatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di dua kota, Palembang dan Lubuk Linggau, membuat PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali menghentikan operasional kereta bisnis dan eksekutif.

Kebijakan tersebut diambil mulai hari ini, Jumat (9/7/2021), dengan menghentikan operasional KA Sindang Marga yang menghubungkan kedua wilayah tersebut.

"Pembatalan ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka menekan penyebaran COVID-19 di masyarakat," ungkap Manager Humas PT KAI Divre III, Aida Suryanti.

1. KA Sindang Marga akan kembali beroperasi jika COVID-19 terkendali

KAI Setop Kereta Api Sindang Marga Jalur Palembang-LinggauStasiun KA Kertapati Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

KA Sindang Marga sempat dioperasikan kembali oleh PT KAI untuk mengangkut penumpang di wilayah Sumsel pada Mei 2021 lalu. Namun karena kasus COVID-19 kembali melonjak, KAI terpaksa tidak menjalankan operasional kereta.

"Kami memohon maaf kepada masyarakat atas pembatalan perjalanan KA Sindang Marga ini. Kami akan segera menyampaikan pengoperasian kembali perjalanan KA Sindang Marga jika kondisi sudah mulai membaik," beber dia.

Baca Juga: Sumsel Perketat Pintu Perbatasan, Pintu Tol Dijaga Aparat

2. Masih ada dua kereta yang beroperasi

KAI Setop Kereta Api Sindang Marga Jalur Palembang-LinggauStasiun kereta Api Kertapati Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Aida menambahkan, pihaknya hanya mengoperasikan dua kereta yakni Bukit Serelo tujuan Palembang-Linggau dan KA Rajabasa tujuan Palembang-Lampung. Perjalanan kereta ini mengacu pada aturan Surat Edaran Kemenhub nomor 42 tahun 2021.

"Untuk pengguna kereta di wilayah Sumatra cukup menunjukkan bukti PCR 2x24 jam atau Antigen 1x24 jam. Sedangkan GeNose tidak berlaku," ujar dia.

Sementara itu jumlah kapasitas kereta tetap dibatasi sekitar 70 persen, dan menerapkan pysical distancing.

"Kami imbau masyarakat tetap menjaga jarak, menggunakan masker, dan selalu mencuci tangan. Penumpang juga akan diperiksa kesehatannya dengan mengukur suhu tubuh sebelum keberangkatan," jelas dia.

3. Pembatalan tiket dikembalikan 100 persen

KAI Setop Kereta Api Sindang Marga Jalur Palembang-LinggauPenyemprotan disinfektan kereta di stasiun kertapati Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Penumpang KA Sindang Marga yang sebelumnya telah memesan tiket, KAI siap mengembalikan uang penuh. Menurut Aida, penumpang cukup menghubungi Contact Center 121 terkait pembatalan tiket dan pengembalian uang.

"Bagi penumpang Sindang Marga yang telah membeli tiket akan dikembalikan 100 persen," jelas dia.

Baca Juga: Vaksin COVID-19 Bagi Anak di Palembang Baru 0,4 Persen 

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya