Gubernur Sumsel Lantik Stafnya Sebagai Pj Bupati PALI

Gubernur minta jaga netralitas jelang PSU di empat TPS

Palembang, IDN Times - Gubernur Sumsel, Herman Deru, melantik Penjabat (Pj) Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Rosidin Hasan, Rabu (24/3/2021). Rosidin sebelumnya merupakan mantan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sumsel 2019-20.

Pengangkatan Rosidin sebagai Pj Bupati PALI berdasarkan usulan Herman Deru kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, sembari menunggu hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU) di empat TPS dari putusan Mahkamah Konstitusi (MK) belum lama ini.

"Setelah ada Bupati dan Wakil Bupati terpilih, tugas Bapak Rosidin sebagai Pj akan kembali seperti biasa menjadi staf ahli Gubernur. Pak Rosidin akan mengisi kekosongan kekuasaan selama beberapa waktu," tutur Deru saat pelantikan.

1. Deru minta pengawasan PSU berjalan transparan

Gubernur Sumsel Lantik Stafnya Sebagai Pj Bupati PALIGubernur Sumsel, Herman Deru beserta PJ Bupati Pali (IDN Times/istimewa)

Sebelumnya, MK mencabut hasil pleno penghitungan KPUD PALI yang menetapkan pasangan Heri Amalindo-Soemarjono. Keputusan itu berganti dengan PSU di empat TPS paling lama 30 hari dari putusan. Deru pun meminta Pj Bupati yang telah ditunjuknya berlaku netral dan tidak terlibat dalam politik praktis.

"Saya harap Pj Bupati bisa bersikap netral. Suksesnya PSU jadi keberhasilan semua. KPU, Bawaslu provinsi, dan saya berharap melakukan pengawasan pendistribusian logistik hingga pengawasan penghitungan berjalan transparan," ujar dia.

Baca Juga: Gubernur dan Kapolda Sumsel Jamin PSU di PALI Netral

2. Zero conflict harus bersama dijaga

Gubernur Sumsel Lantik Stafnya Sebagai Pj Bupati PALIGubernur Sumsel, Herman Deru (IDN Times/istimewa)

Tak hanya itu, Deru juga meminta tim sukses tiap paslon berjuang mendukung pasangan masing-masing. Hanya saja, mereka tetap diminta menjaga kesopanan dengan tidak memunculkan potensi kisruh saat PSU.

"Siapa pun terpilih baik Heri atau Devi, kalian warga Sumsel punya marwah dan tanggung jawab untuk menjaga zero conflict," jelas dia.

3. Rosidin siap penuhi harapan jaga netralitas

Gubernur Sumsel Lantik Stafnya Sebagai Pj Bupati PALIGubernur Sumsel, Herman Deru beserta PJ Bupati Pali (IDN Times/istimewa)

Rosidin Hasan mengatakan, dirinya berusaha menjaga netralitas. Langkah pertama sebagai Pj Bupati dilakukan dengan menemui Forkompinda PALI membahas kesiapan menghadapi PSU di tiga kecamatan. Rosidin berharap PSU berjalan sukses tanpa gejolak.

"Kita juga harap dua Cabup dapat menerima hasil akhir dari PSU nanti. Jangan ada kecurangan, intimidasi, dan money politic. Saya akan berdiri netral tidak ada kepentingan di sini," tutup dia.

Baca Juga: Alasan MK Kabulkan Gugatan PSU di Pilkada PALI

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya