Comscore Tracker

Evaluasi OPD, Gubernur Sumsel Terapkan Rekonsiliasi Analisis Jabatan

Nilai kinerja OPD dari autentik, konkret, dan produk

Palembang, IDN Times -Beberapa hari terakhir, semua dinas dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, melakukan rekonsiliasi data dokumen analisis jabatan dan analisis beban jabatan.

Ternyata, rekonsiliasi itu masih dalam refleksi satu tahun kepemimpinan Gubernur Sumsel, Herman Deru dan Mawardi Yahya (HD-MY). 

Menurut Gubernur Sumsel, Herman Deru, rekonsiliasi itu untuk mengevaluasi dari kerja pemerintahan dan OPD dalam satu tahun. 

"Kita lihat evaluasinya dari OPD, bagaimana selama satu tahun mereka bekerja. Kan kita bisa menilai kerjanya dalam tiga hal, bagaimana autentik, konkret, dan produknya. Kinerja dari kepada dinas, kepala seksi, kepala bidang, apa yang sudah dilakukan selama ini," ujar dia, Kamis (10/10).

Herman Deru mengungkapkan, kinerja pemerintah dan OPD harus beriringan, dan memiliki arah yang jelas. Dengan melakukan evaluasi ini, diharapkan ke depannya Pemprov Sumsel semakin baik.

"Penilaian ini bisa menjadi nilai, apakah orang-orang yang mengisi jabatan sudah melakukan kinerja sesuai dengan yang diharapkan. Jika baik tentu ada reward dan jika tidak sesuai pasti ada punishment-nya," ungkap dia.

Hanya saja, sambung dia, hingga saat ini pihaknya belum mendapat laporan detail mengenai rekonsiliasi data dokumen analisis jabatan dan analisis beban jabatan itu. Karena beberapa OPD hingga saat ini masih melakukan evaluasi.

"Untuk hasilnya nanti, belum ada laporan yang masuk," tandas dia.

Baca Juga: Gubernur Sumsel Klaim Infrastruktur Bisa Turunkan Angka Kemiskinan

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You