Comscore Tracker

Dear Warga Palembang, Jembatan Ampera Bakal Ditutup 2 Hari

Jembatan tutup 27-28 September sejak dini hari hingga subuh

Palembang, IDN Times - Jembatan Ampera yang menjadi ikon kota Palembang dijadwalkan tutup selama dua hari mulai pekan depan. Penutupan yang dilakukan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Negara (BBPJN) V Wilayah Sumatra Selatan (Sumsel), bakal melakukan uji beban dinamis (Dynamic Loading).

"Uji beban dinamis atau pemetaan struktur bangunan ini untuk mengetahui kapasitas struktur jembatan tertua di Kota Palembang. Sehingga dalam uji beban yang berlangsung pada 27-28 September mendatang, jembatan akan ditutup sementara," ungkap Kepala BBPJN V Sumsel, Syaiful Anwar, Kamis (23/9/2021).

1. Ampera ditutup selama lima jam mulai dini hari

Dear Warga Palembang, Jembatan Ampera Bakal Ditutup 2 Hariinstagram/yogakuyoga

Penutupan jembatan tersebut tidak dilakukan pada siang hari atau jam padat lalu lintas untuk mencegah kemacetan. Pihak BBPJN V berencana menutupnya mulai pukul 22.30 WIB hingga 03.30 WIB.

"Jadi tujuan kita hanya melihat kapasitas jembatan. Sejak dibuka 1965, jembatan ini belum pernah dievaluasi secara menyeluruh sehingga kita belum tahu kapasitas dari Jembatan Ampera," beber dia.

Baca Juga: 80 Ruko Kena Pembebasan Lahan Underpass Charitas Palembang

2. Ampera dicek karena telah berusia 56 tahun

Dear Warga Palembang, Jembatan Ampera Bakal Ditutup 2 HariKepala BBPJN Sumsel, Kgs. Syaiful Anwar (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Setiap jembatan yang dibangun memiliki rentan usia berbeda. Ada yang disiapkan sampai 50 tahun, 75 tahun, hingga 100 tahun. Melihat struktur Ampera, jembatan ini didesain dengan masa 75 tahun, sehingga perlu pemeriksa lebih lanjut untuk memastikan kekuatan dan kelaikan jembatan.

"Saat ini usia jembatan 56 tahun sehingga perlu kita uji dan evaluasi agar kita tahu apa yang akan dilakukan pada Jembatan Ampera," ungkap dia.

Baca Juga: Pemkot Palembang Targetkan Proyek Flyover Sekip Tuntas 2023 

3. Pengendara diarahkan ke jembatan alternatif terdekat

Dear Warga Palembang, Jembatan Ampera Bakal Ditutup 2 HariSumber Gambar: winda74.wordpress.com

Pada saat penutupan, pihak Balai akan merekayasa arus lalu lintas agar tidak timbul kemacetan pada malam hari. Pengendara dari sisi Ilir maupun Ulu Palembang akan diarahkan ke kawasan Jembatan Musi IV atau VI.

"Jadi Ampera akan kita tutup total pada malam hari. Tetapi kalau untuk ambulans, Damkar, orang sakit, dan kendaraan non motor (sepeda dan gerobak), tetap kita perbolehkan," tutup dia.

Baca Juga: CCTV Jembatan Ampera Mati, Kerusakan Pembatas Jalan Sulit Dibuktikan

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya